Mahasiswa Undip Garap Potensi Wisata di Desa Traji

Mahasiswa Undip yang melakukan KKN di Desa Traji, Kelurahan Parakan, Temanggung. Foto: metrosemarang.com/istimewa
Mahasiswa Undip yang melakukan KKN di Desa Traji, Kelurahan Parakan, Temanggung. Foto: metrosemarang.com/istimewa

TEMANGGUNG – Sebanyak 10 mahasiswa Universitas Diponegoro menjalani ‘tour of duty’ di Desa Traji Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. Beragam program bakal diaplikasikan di desa tersebut, dengan membangkitkan kepedulian warga terhadap potensi wilayah yang mereka miliki.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang berlangsung pada Juli hingga Agustus 2015 mendatang. Sepuluh mahasiswa ini berasal dari tiga fakultas, yakni Fakultas Hukum (Nilwan Wize Ananda Zen, Mujadidah Islamiyah, Palacio Jelantik, Rissa S), Fakultas ISIP (Bagus D) dan Fakultas Teknik (Daniel E, Deta P).

Koordinator mahasiswa KKN Desa Traji Nilwan Wize mengatakan, program kerja yang akan mereka kerjakan yakni program multidisipilin, monodisiplin, dan posdaya. Salah satunya adalah penyuluhan kepada perangkat desa tentang masyarakat ekonomi ASEAN dan pencanangan smart city di Desa Traji.

“Kami merencanakan untuk membuat blog desa yang berisi potensi-potensi wisata yang bisa dikembangkan. Sendang Sidukun menjadi salah satu fokus potensi yang kami gali. Dengan demikian, nama Traji akan semakin dikenal masyarakat,” ujarnya.

Sementara, Kepala Desa Traji Sumarno mengapresiasi kegiatan mahasiswa di wilayahnya. “Saya sangat berterima kasih dengan kedatangan mahasiswa KKN Undip di Desa Traji. Perangkat desa tentu membutuhkan ide-ide kreatif dan gagasan dari para mahasiswa sebagai pemuda generasi bangsa,” ujarnya.

Dia berharap, nama Traji kian dikenal masyarakat. Keunggulan budaya yang digelar pada malam 1 Suro di Sendang Sidukun juga lebih berkembang dan dapat menarik lebih banyak minat wisatawan. (*)

 

You might also like

Comments are closed.