Mahasiswa USM Bantu Program AHP Untuk UMKM

SEMARANG – Mahasiswa program studi sistem informasi Universitas Semarang membangun sebuah sistem pendukung keputusan menggunakan metode AHP berbasis web untuk menentukan ragi terbaik bagi Azela Bakery and Pastry.

Keempat mahasiswa tersebut adalah Yunika Rahmawati, Septa Ayu Putri, Feida Diana dan Revina Angelica.  Azela Bakery and Pastry merupakan usaha yang bergerak di bidang olah pangan pembuatan kue bolen, yang berlokasi di Ruko Royal Park, Jl. Klipang  Sendangmulyo, Tembalang Semarang.

Pengelolaan keputusan penggunaan ragi pada Azela bakery and Pastry saat ini masih menggunakan metode pertimbangan manual, untuk membantu proses pemilihan ragi tersebut, maka keempat mahasiswa tersebut dengan bimbingan oleh dosen pengampu Saifur Rohman Cholil, S.Kom, M.Kom membuatkan sistem pendukung keputusan pemilihan ragi terbaik untuk pembuatan roti bolen pada Azela bakery and Pastry.

Menurut Septa, salah satu perwakilan dari kelompok mahasisa tersebut. Metode AHP memiliki keunggulan dari segi proses pengambil keputusan dan akomodasi untuk atribut atribut baik kuantitatif dan kualitatif, metode AHP juga mampu menghasilkan hasil yang lebih konsisten.

“penerapan sistem pendukung keputusan ini diharapkan mampu membantu usaha tersebut dalam menentukan penggunaan ragi terbaik untuk pembuatan roti bolen” kata Septa.

Kegiatan ini juga dilakukan untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah SPK yang diampu oleh dosen Saifur Rohman Cholil, S.kom, M.Kom dan diharapkan dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh UMKM yang bersangkutan.

“yaa.. saya sangat berterimakasih dan merasa terbantu dengan diterapkannya sistem pendukung keputusan pemilihan ragi terbaik oleh keempat mahasiswa tersebut” ujar pemilik Azela bakery and Pastry

Rencananya sistem ini akan diimplementasikan ke mitra umkm Azela Bakery and Prasty pada akhir tahun 2021 sambil menyiapkan sumber daya untuk pengoprasian sistem tersebut.(eff)

You might also like

Comments are closed.