MAHASISWA USM CIPTAKAN APLIKASI PENCATATAN DIGITAL BENGKEL

 

 

SEMARANG – Mahasiswa Universitas Semarang (USM) Program Studi Sistem Informasi ciptakan sistem pencatatan digital untuk UMKM “Bengkel Uresno” yang beralamat di Desa Jelutung II, Kec. Simpang Rimba, Kab. Bangka Selatan, Bangka Belitung.

Aplikasi ini diterapkan di Bengkel Uresno karena dalam melakukan pembelian alat-alat bengkel masih menggunakan metode manual. Berawal dari kendala yang dialami bengkel tersebut. Ke-empat mahasiswa USM yang bernama Daffa Dikza Ananda, Doly Ganggeng Prahoro,  Anugrah Tulung Agung, dan Ifada Puri Saestya membuat aplikasi yang dapat memudahkan pemilik bengkel dalam mencatat setiap pembelian secara digital.

“Dengan adanya aplikasi ini, sangat berguna untuk memudahkan dan membantu saya dalam hal pencatatan barang yang masuk ke bengkel, biasanya saya mencatatnya manual dengan menggunakan kertas, sekarang saya dapat menggunakannya dengan aplikasi dan tidak perlu mencari catatan saya terlebih dahulu untuk mengecek ulang barang-barang apa saja yang masuk”, ujar Mas Uresno selaku pemilik Bengkel Uresno.

Aplikasi yang di ciptakan oleh mahasiswa USM ini dapat di jalankan secara offline, sehingga memudahkan pengguna untuk membuka aplikasi tanpa harus tersambung koneksi internet terlebih dahulu.

“Kami memutuskan untuk membuat aplikasi ini dikarenakan melihat bengkel yang membeli alat / barang dari kota, namun tiap barang yang sampai ke bengkel selalu dicatat secara manual. Nah daripada mencatat manual, kami buatkan aplikasi pencatatan tiap barang yang dibeli bengkel tersebut untuk mempermudah pihak bengkel dalam mencatat, mengedit, ataupun mengecek ulang barang yang dibeli”, ujar Daffa selaku perwakilan mahasiswa.

Selain bertujuan untuk membantu para UMKM, pembuatan progam pencatatan digital juga ditujukan untuk memenuhi Tugas Akhir Semester mata kuliah Sistem E-Business yang diampu oleh Bapak Saifur Rohman Cholil S.Kom, M.Kom. Dimana mahasiswa diminta untuk membantu para pengusaha mikro, kecil, maupun menengah agar bisa mengikuti perkembangan teknologi dimasa sekarang.(nna)

You might also like

Leave A Reply