Mahasiswi Unissula Juara 3 Lomba Menembak Diksar Menwa di Magelang

Anggita menunjukkan piagam penghargaan atas prestasinya dalam Diksar di Magelang. Foto: metrosemarang.com/unissula.ac.id
Anggita menunjukkan piagam penghargaan atas prestasinya dalam Diksar di Magelang. Foto: metrosemarang.com/unissula.ac.id

METROSEMARANG.COM – Anggita Putri Sulung sukses menyabet gelar juara 3 lomba menembak pada Pendidikan Dasar (Diksar) Menwa Mahadipa Yudha I 2016 se-Jateng & DIY di Magelang. Anggota Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) ini menyisihkan ratusan peserta yang datang dari berbagai perguruan tinggi.

Diksar ini diselenggarakan oleh Staf Komando Resimen Mahasiswa (Skomen) Mahadipa Jateng dan dilaksanakan pada 19 Februari – 1 Maret 2016 di Depo Pendidikan Bela Negara Rindam IV / Diponegoro, Magelang. Selama 11 hari, 620 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi baik swasta maupun negeri se Jateng – DIY tersebut mendapatkan banyak bekal pendidikan dasar di bidang pengetahuan.

Para peserta merupakan calon anggota Resimen mahasiswa Mahadipa yang telah mengikuti Pra Pendidikan Dasar di tingkat satuan masing-masing. Tujuan dari kegiatan ini adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan dan kedisiplinan, loyalitas, kesadaran bagi para anggota Menwa.

Beberapa materi pembekalan, di antaranya, pengantar bela negara, pengjatri dan menembak, organisasi Menwa hingga penanggulangan bencana. Selain itu ada pelatihan di bidang keterampilan seperti Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Tata Upacara Militer (TUM), Ilmu Peta dan Kompas, hingga Teknik Tempur Dasar.

“Selama pelatihan yang sangat keras, saya mendapatkan banyak pengalaman kedisiplinan, jiwa Korsa, kekompakan, hingga sanksi yang setiap saat bisa dijatuhkan jika ketahuan melanggar peraturan,” kata Anggita, yang tercatat sebagai mahasiswi Teknik Sipil 2014, seperti dikutip dari unissula.ac.id.

Sementara, Santrin, Komandan satuan 908/ SW Unissula menambahkan, kegiatan ini wajib bagi para anggota baru, setelah para anggota mendapatkan PRA DIK dan DIKSAR. Ia mengaku bangga akan prestasi yang ditorehkan oleh anggotanya, karena menjadikan Unissula mendapatkan posisi di antara puluhan perguruan tinggi yang turut berpartisipasi.

“Kegiatan pelatihan ini bertujuan meningkatkan kualitas anggota guna menyiapkan pengurus organisasi Menwa. Sebagai lanjutannya, setelah ini juga akan diadakan pelatihan SAR bagi para anggota Menwa,” paparnya. (*)

 

 

You might also like

Comments are closed.