Maju Pilgub, Ganjar Siap-siap Ajukan Cuti

METROSEMARANG.COM – Bakal calon gubernur petahana, Ganjar Pranowo sedang menjadwalkan untuk mengajukan cuti kerja dalam rangka mengikuti Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng tahun ini.

Ganjar Pranowo segera mengajukan cuti untuk bertarung di Pilgub 2018. Foto: metrosemarang.com/dok

Menurut Komisioner Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ikhwannuddin, Ganjar sudah membuat surat permohonan cuti diluar tanggungan sebagai izin mengikuti kampanye Pilgub.

Untuk saat ini, surat permohonan cuti tersebut sedang diproses oleh pihaknya. “Beliau sudah membuat surat pernyataan bersedia cuti di luar tanggungan negara pada saat kampanye,” bebernya, Senin (15/1).

Ia menyatakan pengajuan cuti paling lambat harus diberikan kepada pihaknya minimal sebelum hari pertama masa kampanye, atau per 15 Februari 2018.

“Kita itu penetapan (paslon) tanggal 12 Februari, dilanjutkan pengundian nomor urut tanggal 13 Februari. Lalu nanti masa kampanye pada tanggal 15 Februari dan pada minggu tenang sudah bisa bertugas kembali,” katanya.

Cuti calon incumbent saat kampanye diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.

Ia sudah menyampaikan kepada calon petahana perihal tujuan dibuatnya aturan cuti kampanye. Selain itu, KPU juga akan berkoordinasi dengan Bawaslu guna mengoptimalkan upaya pencegahan penyelewengan jabatan. (far)

You might also like

Comments are closed.