Ini Makna Lukisan di Telur Paskah Gereja St Ignatius

METROSEMARANG.COM-Bagi umat katholik, merayakan paskah mempunyai arti yang cukup dalam bagi kehidupan. Datangnya hari paskah memberi arti seperti terlahir kembali dan memasuki kehidupan baru sebagaimana telur yang baru menetas. telur merupakan simbolisasi kehidupan umat yang merayakan paskah.

Romo gereja St Ignatius, Gregorius mengatakan, paskah memberi tanda dimulainya kehidupan yang baru. Kehidupan tersebut, lanjut Gregoroius harus lebih baik dari kehidupan sebelumnya, terutama dalam hal pengendalian diri. “Hidup baru yang tidak dikuasai nafsu, tapi dikuasai Alah,” kata Gregorius, Sabtu (26/03).

telur paskah1

Untuk itu, gereja St Ignatius membuat replika telur raksasa setinggi 4 meter dengan diameter 2,5 meter. Menurutnya, terlur tersebut bukanlah telur biasa, karena di dinding telur tersebut terdapat lukisan-lukisan syarat makna. Ia menyebutkan ada empat makna yang ingin disampaikan dalam telur itu.

Gambar pertama tentang kebangkitan Yesus dan pemuda yang memperlihatkan rasa syukur akan kebangkitannya. Gambar kedua memperlihatkan orang menari yang memberikan arti penghargaan gereja kepada kebudayaan dan kearifan lokal di suatu daerah.

Lukisan ketiga menggambarkan perempuan sedang asyik bermain yang tak peduli jika ada orang yang membutuhkan pertolongan didekatnya. “Ini menggambarkan era modernitas dimana orang terlalu asyik menikmati kemajuan teknologi, sementara orang di sekitar yang membutuhkan terabaikan,” jelasnya.

Lukisan terakhir menunjukkan gambar sekumpulan tokoh lintas agama yang sedang bergandengan tangan yang merupakan simbol umat beragama. “Masyarakat lintas agama hidup berdampingan dan saling menghargai. Perbedaan keyakinan jangan sampai memecah belah,” tandasnya. (din)

You might also like

Comments are closed.