Malam Nanti Ki Sindhunata akan Tampilkan Jagal Bilawa di Semarang Selatan

METROSEMARANG.COM – Menyambut Hari Jadi ke-470 Kota Semarang, Kecamatan Semarang Selatan akan menggelar Wayang Kulit di halaman kecamatan pada Sabtu (29/4) malam nanti. Kegiatan tersebut untuk nguri-nguri budaya Jawa yang sudah melekat di hati warga Kota Semarang.

Ilustrasi
Foto: metrosemarang.com

 

Camat Semarang Selatan Sutrisno mengatakan, pagelaran wayang kulit akan menampilkan cerita Jagal Bilawa, dengan dalang kondang Ki Sindhunata asli warga Kota Semarang. Pementasan wayang kulit tersebut juga didukung dalang cilik Cahyaning Wahyu.

”Teater Lingkar pimpinan Mas Ton juga ikut mendukung terlaksananya pementasan wayang kulit semalam suntuk ini untuk menghibur warga Kota Semarang,” katanya, Jumat (28/4).

Selain sudah melekat di hati warga Kota Semarang, pagelaran wayang kulit yang merupakan asli budaya Jawa ini  juga merupakan tontonan dan tuntunan bagi masyarakat. ”Banyak falsafah yang terkandung di dalam cerita wayang,” tambahnya.

Pagelaran wayang kulit, kata Sutrisno, memiliki nilai-nilai edukasi dan tuntunan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga budaya dari nenek moyang ini harus selalu diabadikan menjadi tontonan sekaligus tuntunan bagi masyarakat.

”Setiap kami menggelar pementasan wayang kulit di halaman Kecamatan Semarang Selatan, selalu dipadati penonton hingga meluber di jalan raya depan kecamatan,” katanya.

Mas Ton, pendiri Teater Lingkar menambahkan, cerita Jagal Bilawa menampilkan seorang tokoh yang berbaur dengan rakyat, dan tidak menunjukan bahwa dia orang besar. ”Tetapi, dengan jiwa besarnya, beliau merakyat dengan semua,” ujarnya.

Pagelaran wayang kulit tersebut juga akan dimeriahkan dengan gojekan Mbak Ceplis yang juga sebagai tayub kondang. (duh)

You might also like

Comments are closed.