Manfaatkan Kulit Mangga, Siswa SMA 1 Semarang Ciptakan Coklat Pelancar Pencernaan

METROSEMARANG.COM – Selama ini buah mangga hanya dimanfaatkan daging buahnya saja. Sementara kulit mangga dibuang percuma. Tetapi di tangan Dyah Kartika dan Ardhio Dafa, kulit mangga mampu diolah menjadi camilan yang menyehatkan.

Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Siswa kelas XI SMA 1 Semarang ini menciptakan Coklat Kulit Mangga, yang memiliki kandungan zat Asam Fenol, Mangiferin, dan Flavonoid. Ketiga zat tersebut diketahui mampu membantu melancarkan peredaran darah, melancarkan sistem pencernaan, hingga obat cacing.

Namun bukan sembarang Mangga yang digunakan. Hanya Mangga Arum Manis yang memiliki kandungan lengkap tersebut. Kartika dan Ardhio mengaku tertarik memanfaatkan kulit Mangga lantaran selama ini belum banyak yang memanfaatkan kulit Mangga.

“Kandungannya bagus, dan selama ini kan cuma dibuang, jadi kami ingin agar masyarakat tahu manfaatnya (kulit mangga),” kata Kartika kepada¬†metrosemarang.com, belum lama ini.

Sesuai namanya, kulit mangga diolah menjadi coklat dengan serta kulit mangga di dalamnya. Bahan pembuatan Coklat Kulit Mangga pun sangat sederhana dan mudah di dapat yaitu kulit Mangga Arum Manis dan dark coklat saja.

Langkah pertama kulit Mangga cuci bersih lalu diblender dan buang airnya. Kemudian ampas kulit mangga yang telah diblender di campurkan dengan dark coklat cair. Langkah terakhir bekukan campuran kulit mangga dan coklat di dalam lemari pendingin.

“Diblender agar bisa tercampur, dan kondisi kulit mangga juga harus basah, kalau sudah kering sel-selnya mati,” papar Ardhio.

Kulit mangga itu nantinya menjadi semacam serat layaknya ampas kelapa yang juga umum dicampur dalam makanan. Ia menambahkan, perbandingan coklat dan ampas kulit mangga yaitu 5:6 artinya dengan 500 gram ampas kulit mangga dark coklat yang dibutuhkan sebanyak 600 gram.

Manfaat Coklat Kulit Mangga bisa dirasakan kurang lebih 5-6 jam setelah memakannya. Menurut Kartika pada orang dengan sistem pencernaan yang tidak normal usai memakan Coklat Kulit Mangga feses yang dikeluarkan akan cair. Sementara pada sistem pencernaan normal umumnya akan buang air besar setelah 5-6 jam.

“Kami ingin kenalkan produk ini sama masyarakat dulu, lalu bisa kami ikutkan pameran agar makin banyak yang tahu manfaat kulit mangga,” tandas Kartika.

Terpisah, Kepala SMA 1 Endang Suyatmi menuturkan sekolah sangat mendukung karya siswa-siswanya. Bahkan saat ini tengah diwacanakan untuk digelar pameran bagi karya siswa pada tahun ajaran baru mendatang. (vit)

You might also like

Comments are closed.