Masih Berpolemik, Ganjar Persilakan Pabrik Semen Beroperasi

METROSEMARANG.COM – Pemprov Jawa Tengah mengambil langkah mengejutkan untuk menyelesaikan polemik pabrik semen di Kabupaten Rembang. Melalui situs resmi Pemprov, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo justru mempublikasikan surat keputusan untuk memastikan pabrik semen bisa beroperasi mulai saat ini.

Pembangunan pabrik semen di Rembang bisa kembali dilanjutkan setelah mendapat lampu hijau dari Gubernur Ganjar Pranowo. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Dalam situs Pemprov Jateng, Ganjar menandatangani penerbitan izin lingkungan pabrik semen sesuai surat Keputusan Gubernur Nomor 660.1/6 Tahun 2017 yang telah ia umumkan, pada Kamis (23/2) kemarin.

“Setelah saya umumkan di website Pemprov Jateng, saya lalu mengirimkan surat tembusan kepada Menteri Dalam Negeri, Menteri KLH, Menteri ESDM, Mentri BUMN, Menteri Agraria serta dinas-dinas terkait,” katanya di lantai dua Gubernuran Jalan Pahlawan Semarang, Jumat 24/2).

Dengan kata lain, pabrik semen kini sudah bisa beroperasi. Ganjar bilang PT Semen Indonesia selaku pemilik pabrik semen tinggal menunggu pemberian izin usaha operasi pertambangan (IUP) dari dinas ESDM.

“Mulai detik ini mereka bisa beroperasi, hanya saja IUP buat pabriknya baru dikasih 30 hari ke depan sejak izin baru diterbitkan,” bebernya.

Ia pun mengganggap kajian yang dilakukan tim panel KLHS tidak akan berpengaruh banyak, lantaran hal itu hanya mengurus izin tata ruangnya saja, bukan untuk lingkungannya.

Berkaitan banyaknya warga yang menolak pendirian pabrik semen, ia tak menggubris sama sekali. Menurutnya selama ini dirinya telah mengakomodir semua kepentingan warga untuk mengurai konflik pabrik semen.

“Untuk yang menolak kita biarkan saja. Jumlah yang menolak dan pendukung pabrik banyak yang mana. Yang pro semen kan ada 7.000 orang. Dan kita sudah bicarakan semua,” katanya. (far)

You might also like

Comments are closed.