Masjid Baiturrahman Luncurkan ATM Beras untuk Bantu Warga Miskin

METROSEMARANG.COM – Melambungnya harga beras belakangan ini membuat warga Kota Semarang memutar otak. Bahkan, pengurus Masjid Raya Baiturrahman berinisiatif menggunakan ATM Beras guna meringankan beban warga miskin.

Masjid Baiturrahman meluncurkan ATM Beras untuk membantu kaum duafa. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Pengoperasian ATM Beras diinisiasi Ikatan Remaja Masjid Baiturrahman (Ikamaba). Asrul Sani, Ketua Ikamaba mengatakan ada puluhan kartu ATM Beras yang dibagikan bagi warga miskin secara bertahap.

“Untuk hari ini ada 20 kartu yang dibagikan. Sisa kartu lainnya diberikan untuk beberapa hari ke depan,” ungkap Asrul, sembari menunjukan pengoperasian ATM Beras, Jumat (19/1).

Ia menjelaskan ATM Beras merupakan hibah dari seorang alumni ITB yang tergerak meringankan beban warga miskin di Semarang.

Kemudian Wali Kota Hendrar Prihadi empat hari lalu sempat meresmikan penggunaan ATM Beras untuk menarik minat warga.

“Jadi tujuan pengoperasian ATM ini demi meringankan beban kaum duafa dalam memenuhi kebutuhan dasarnya. Harapan kami agar tidak ada lagi orang yang kelaparan di sekitar masjid,” tuturnya.

Agar bantuan tepat sasaran, pihaknya akan memverifikasi tiap calon penerima kartu ATM Beras sesuai asal usulnya. “ATM Beras diperuntukan bagi para janda dan orang-orang kurang mampu yang akan kami bagi sesuai klasifikasinya,” ujarnya.

Ia mengatakan ATM Beras dapat menampung maksimal 200 kilogram butir beras. Para penerima bantuan cukup mudah mengakses ATM Beras. Kartu yang dibagikan panitia cukup ditempelkan pada tombol sensor yang terhubung pada sim card di dalam mesin ATM.

“Alat ini bisa diatur mengeluarkan satu liter beras, tiga liter dan selebihnya,” terangnya.

Jadwal pembagian bantuan melalui ATM Beras yakni tiap selepas salat Jumat dan Minggu. Alasannya, setiap penerima bantuan juga diajak mengikuti siraman rohani sebelum bantuan disalurkan.

“Ahad besok akan dibagikan lagi bersamaan dengan kegiatan gerakan salat Subuh berjamaah. Kami ingin sekalian meramaikan suasana di lingkungan masjid,” katanya. (far)

You might also like

Comments are closed.