Mas(s)a Muda Zine, Menengok Sekeliling

KERESAHAN terhadap pikiran apatis oleh kebanyakan anak muda terhadap berbagai macam isu saat ini, menjadi bekal lahirnya sebuah zine bertajuk Mas(s) Muda. Mas(s)a Muda merupakan zine yang di inisiasi oleh Pujo Nugroho untuk menciptakan sebuah komunikasi, kolaborasi, serta gagasan-gagasan baru oleh sesama anak muda di Kota Semarang khususnya.

zine semarang
Mas(sa) Muda Zine, karya kolektif mengkritisi kehidupan sekitar. (foto: metrosemarang.com/Efendi)

“Saya merasa anak muda saat ini terkesan pasif dan seperti nggak mau tau tentang apa yang terjadi. Padahal ada banyak yang perlu dikritisi seperti isu sosial atau isu apapun lah itu untuk leberlangsungan dalam berkehidupan yang lebih baik,” ujar Pupung, sapaan Pujo Nugroho usai meluncurkan zine yang ia inisiasi di Grobak Art Kos, Jalan Stonen No. 29, Semarang, Selasa (1/5) malam.

Mas(s)a Muda edisi pertama kali ini berisi berbagai macam karya. Diantaranya, karya tulis berupa ulasan dan opini, ilustrasi, serta fotografi. Bukan hanya Pupung, namun ada beberapa orang yang terlibat dalam pembuatan zine edisi pertama ini. Mulai dari penulis, ilustrator hingga musisi yang sebagian besar dari Kota Semarang.

“Memang ini yang ikut memasukkan karya di zine edisi pertama ini baru sebatas teman-teman yang sudah saya kenal. Tapi kedepan saya harap bisa bersama sama berbagi dan berkarya bersama, entah yang baru belajar maupun profesional,” imbuh pemuda 23 tahun itu.

Selain itu, pembuatan zine fisik di tengah serbuan era digital memang mengorbankan banyak hal. Selain membutuhkan biaya cetak, proses pembuatannya juga memakan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan penyebaran dalam jaringan (daring).

“Namun ketika kita mempunyai wujud fisik sebuah karya itu ada rasa kebahagiaan tersendiri jika hanya dipublikasikan melalui media online atau sebagainya. Bisa menyimpan dan memegang sebuah karya akan ada sensasi tersendiri, meskipun ada betbagai hal yang lebih sulit dilakukan dibandingkan membegikan karya melalui platform online,” kata Pupung.

zine semarang
Peluncuran Mas(sa) Muda Zine di Grobak Art Kos. (foto: istimewa)

Sementara, peluncuran Mas(s)a Muda dengan memotong tumpeng yang kemudian dilanjutkan makan bersama. Tak hanya makan bersama, penampilan dari berbagai group band memberikan hiburan bagi para pengunjung dengan akustik setnya. Beberapa penampil di antaranya The Joint, Distorsi Akustik, Serambi, dan Kendeng Squad.

Kegiatan peluncuran bertajuk Tasyukur(a)n Mas(s)a Muda Zine ini ditutup dengan screening sebuah videoklip milik Distorsi Akustik. Berjudul Euforia Surga, karya tersebut berisi potongan video pendek dan lirik lagu. (fen)

You might also like

Comments are closed.