Masuk Indonesia, Android One Gandeng Tiga Vendor Lokal

Ilustrasi
Ilustrasi

SEBUAH proyek besar Google bernama Android One, siap diwujudkan tiga produsen ponsel lokal, Evercoss, Mito, dan Nexian.

Tiap produsen akan merilis produk Android One, yakni One X dari Evercoss, Impact dari Mito, dan Journey dari Nexian, berdasarkan spesifikasi yang diberikan Google dan dengan harga yang murah. Yang berbeda hanya penampilan luar tiap ponsel.

Ketiga ponsel akan mengusung layar berukuran 4,5 inci dengan dukungan resolusi FWVGA 854 x 480 piksel. Prosesor yang digunakan adalah Cortex A7 1,3 GHz quad-core yang dikombinasikan dengan RAM 1 GB.

Untuk keperluan menjepret gambar, perangkat tersebut dilengkapi kamera utama atau kamera bagian belakang 5 megapiksel. Sementara, untuk bagian depan, terdapat kamera 2 megapiksel.

Spesifikasi lainnya adalah media penyimpanan internal 8 GB yang dapat ditingkatkan hingga 32 GB dengan menggunakan kartu MicroSD, baterai 1.700 mAh, dan dukungan terhadap dua kartu SIM berukuran mikro.

Android One merupakan misi Google untuk mengembangkan ponsel murah dan dapat terkoneksi ke internet, sehingga dapat dimiliki masyarakat di negara berkembang sekalipun. Tujuan Google dengan proyek ini adalah untuk membuat semua orang di dunia terkoneksi dengan masyarakat di negara lain melalui internet di genggaman mereka.

Harga perangkat Android One yang akan beredar di Indonesia belum dicantumkan di situs Google. Saat pertama kali diluncurkan di India September lalu, ponsel-ponsel Android One dibanderol di kisaran harga 100 dollar AS atau sekitar Rp 1,3 juta. (ren)

activate javascript

You might also like

Comments are closed.