Masuk Kurikulum 2013, Pramuka Jadi Esktrakurikuler Wajib di Sekolah

image
Ilustrasi Pramuka. Foto Metrojateng

SEMARANG – Pramuka diapresiasi dapat membentuk karakter kaum muda yang cerdas, berakhlak mulia, trerampil, dan trengginas. Hal itu tak lepas karena di dalamnya terkandung nilai-nilai universal seperti Pancasila, Trisatya, dan Dasa Darma Pramuka.
 
Sekretaris Daerah Kota Semarang Adi Trihananto mengatakan kini gerakan pramuka telah kian maju dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dapat dilihat semakin maraknya kegiatan kepramukaan di sekolah-sekolah. Juga telah terbitnya Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.
 
‘’Dan masuknya pendidikan kepramukaan dalam kurikulum 2013 sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah,’’ terangnya saat menjadi Irup upacara peringatan Hari Pramuka ke 53 yang digelar Kwarcab Kota semarang di Halaman Balai Kota, Rabu (17/9/2014)
 
Upacara itu diikuti para kepala SKPD Kota Semarang dan utusan pelajar SD hingga SMU se-Kota Semarang yang aktif dalam kepramukaan. Para Ketua Kwarran, Ketua Mabiran, ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan serta semua pihak yang peduli terhadap Gerakan Pramuka.
 
Adi menilai pramuka Kota Semarang mampu maju berprestasi seperti sekarang ini. “Tanpa bantuan kakak-kakak semua, tidak mungkin kegiatan Pramuka di Kota Semarang dapat berprestasi dan berjalan dengan baik,’’ terangnya.(MS-13)

You might also like

Comments are closed.