Masuk Syawalan, Bawang Merah Berangsur Normal

METROSEMARANG.COM – Memasuki perayaan 1 Syawal 1438 Hijriyah, harga bawang merah di pasar tradisional Kota Semarang berangsur normal. Sejumlah pedagang Pasar Johar MAJT menyatakan harga bawang merah kualitas super kini mentok hanya Rp 27 Ribu-Rp 28 Ribu per kilogram.

Harga bawang merah di Pasar Johar berangsur normal. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

“Sangat melimpah pasokannya karena semua petani sudah panen raya. Jadi harganya turun. Sekarang sudah normal lagi,” ungkap Rosilin, seorang pedagang bawang merah kepada metrosemarang.com, Sabtu (1/7).

Untuk bawang merah kualitas biasa saat ini juga dijual seharga kisaran Rp 20 Ribu-Rp 23 Ribu per kilogram. Ia mengaku gembira dengan kondisi tersebut. Lantaran gejolak harga kini tak lagi muncul di tingkat pedagang.

Dibanding kondisi mendekati Lebaran, ia menganggap harga bawang merah saat ini mengalami penurunan 20 persen. Dari semula Rp 30 Ribu per kilogram. Sekarang jadi Rp 28 Ribu per kilogram.

Ia menyatakan pasokan melimpah didapatkannya dari para petani Kabupaten Nganjuk Jatim, Weleri Kendal, Juwana Pati serta sebagian lagi dari Demak.

Sartono, pedagang bawang merah lainnya juga mengungkapkan kondisi serupa. Kini setiap hari ia mendapat pasokan 5 ton.

“Tentu ini membuat kami jadi optimis kalau bawang merah akan diburu para pembeli. Sebab, selain murah kualitasnya pun bagus-bagus,” kata Sartono.

Metrosemarang.com memantau adanya peningkatan transaksi penjualan bawang merah di Pasar Johar MAJT. Sekitar pukul 07.00 WIB pagi, para pedagang berbondong-bondong mengemas bawang ke dalam karung-karung berukuran besar.

Para kuli panggul menggotong karung berisi bawang merah menuju mobil pikap yang diparkir di depan lapak pedagang.

Tarmuji Abdullah bahkan mengatakan siap memasok bawang merah ke semua pasar tradisional yang ada di Magelang. “Satu karung isinya 70 kilogram. Hari ini saya kirim ke sana sebanyak 7 karung bawang merah. Barangnya akan didrop di setiap pasar biar cepat laku,” akunya. (far)

You might also like

Comments are closed.