Mau Jadi Selebgram? Berikut Tips dari Jessica Mila

Diikuti 10 Juta Orang

Jangan sembarangan menerima endorsement. Jangan gampang percayakan akun ke orang lain.

SEJAK pagi, lini masa media sosial artis Jessica Mila Agnesia mengabarkan kalau dia sedang berada di Kota Semarang. Diawali dengan sarapan di Makabana Space, pemain sinetron ‘’Ganteng-Ganteng Serigala’’ itu kemudian singgah di kawasan Kota Lama Semarang.

jessica milla
Jessica Mila (foto: metrosemarang/Anggun Puspita)

Dia berbagi aktivitas selama disana, seperti berfoto di depan Gereja Blenduk dan Taman Srigunting, kemudian mencicipi kuliner Gule Bustaman dan singgah ke Spiegel Café yang tak jauh dari objek wisata tersebut. Kadang wajah cantiknya muncul menyapa langsung para pengikut Instagram-nya yang berjumlah lebih dari 10 juta orang dan memberitahu apa yang sedang dilakukannya.

Semua aktivitas gadis yang memiliki akun Instagram @jscmila itu terekam di fitur video Instagram Story. Sejak media sosial booming, para selebriti yang memanfaatkan media tersebut untuk berbagi aktivitas dan kegiatan sehari-harinya hingga mempromosikan produk (endorsement). Mereka berlomba-lomba membuat konten menarik dan menginspirasi untuk ditampilkan di halaman Instagram.

Sehingga, tak heran para public figure itu semakin terkenal tidak hanya dari layar kaca, tapi juga di media sosial sebagai selebgram. Ya, selebgram berasal dari kata selebritis dan Instagram atau istilah untuk pengguna akun Instagram yang terkenal.

Menjadi artis dalam media sosial Instagram itu sekarang makin diminati oleh masyarakat awam, khususnya generasi milenial. Mereka berkreativitas membuat konten yang menarik baik foto maupun video, untuk mendongkrak banyak ‘likers’, ‘comments’ atau ‘followers’ agar semakin terkenal. Dan akhirnya, jika beruntung pekerjaan serta pundi-pundi rupiah juga akan mengikuti.

Jessica Mila saat ditemui dalam acara ‘’Smartfren Smartrip : Explore More, Share More’’ di Verve Cafe Semarang, Jumat (10/8/2018) petang, berbagi tips bagaimana cara menjadi Selebgram.

 

1. Tampilan Instagram Harus Enak Dilihat

Untuk membuat orang-orang tertarik ingin follow, like atau comment di setiap unggahan, seorang selebgram harus memperhatikan kualitas tampilan (feed) Instagram-nya.

‘’Biar followers kita mau nge-like atau komentar, maka tampilan foto-fotonya harus benar-benar rapi dan enak dilihat. Sekali membuka profil Instagram kita, mereka langsung tertarik untuk follow atau memberikan like,’’ tutur Mila, panggilan akrab Jessica Mila.

jessica mila
Brand ambassador Smartfren Jessica Mila hadir dalam acara ‘’Smartfren Smartrip : Explore More, Share More’’ di Verve Cafe Semarang. (foto: metrosemarang/Efendi)

Menentukan sebuah konsep untuk tampilan Instagram juga penting. Misalnya, memiliki minat pada fashion, maka seorang selebgram perlu memperlihatkan foto outfit yang keren dan menarik. Begitupun kalau mempunyai minat pada makanan, pemilik akun harus membuat foto makanan yang menarik dan mengundang pengikut memberikan tanda suka.

‘’Dan, satu hal yang penting dan perlu diusahakan di tampilan Instagram, jangan terlalu banyak iklan,’’ katanya.

 

2. Buat Konten yang Menarik

Konten yang menarik adalah kunci untuk mengundang pengikut bertambah. ‘’Sangat bisa orang biasa pengen jadi selebgram di zaman sekarang. Caranya dengan membuat konten yang menarik. Namun, konten menarik itu tidak sekadar tampilan saja. Kalau tidak bisa memberikan tampilan menarik, buat konten yang menghibur, misalnya video lucu dan unik,’’ ungkap perempuan kelahiran Aceh, 2 Agustus 1992 itu.

Lalu konten apa yang kerap diunggah Mila di Instagram-nya? ‘’Banyak, biasanya aku mengunggah outfit atau gaya berbusanaku, lalu produk kecantikan favoritku, tempat nongkrong langganan, dan lainnya,’’ katanya.

 

3. Sampaikan Pesan dengan Baik

Sebuah konten foto dalam Instagram kurang lengkap jika tidak disertai caption atau deskripsi/keterangan foto. ‘’Aku termasuk yang bingung banget nentuin caption, untuk menulisnya butuh mikir lama banget. Kadang masih mikir, aduh ini udah bagus belum ya? Ada yang kurang nggak ya?’’ ungkap kekasih Mischa Candrawinata itu.

Tips dari Mila, tulislah deskripsi yang menggambarkan diri kalian dan juga maksud dari foto tersebut. Buatlah deskripsi yang singkat, jelas, padat, menarik, dan yang penting pesan tersampaikan kepada para followers. Jadilah seorang selebgram yang tenar dengan cara positif.

Nah, karena dari awal Jessica Mila sudah menjadi public figure, media sosial Instagram kerap ia manfaatkan untuk berbagi kegiatan dan aktivitasnya sehari-hari. Dia mengaku, kerap mengunggah aktivitas syuting film atau sinetron di Instagram. Cara itu dilakukannya untuk menyampaikan pesan, berkomunikasi dengan penggemarnya, mengabarkan sesuatu yang sedang terjadi kepada pengikutnya.

 

4. Lebih Baik Akun Dikelola Sendiri

Mila menceritakan, awal mulai bermain Instagram yaitu sekitar tahun 2011-2012. Ketika itu perempuan blasteran Jawa, Tionghoa, Belanda ini belum memiliki banyak pengikut. Namun, karena tekun dikelola sendiri, pengikut akun Instagram-nya menjadi terus bertambah.

‘’Ya, selain diisi dengan konten menarik, followers-ku makin bertambah banyak saat main sinetron ‘Ganteng-Ganteng Serigala’. Apalagi, sejak saat itu hingga sekarang pengguna Instagram juga makin banyak,’’ katanya.

Maka, kata Mila, jika ingin pengikutnya bertambah terus, seorang selebgram lebih baik mengelola akunnya sendiri. Sebab, diri kita sendiri yang tahu selera dari tampilan Instagram kita. ‘’Selama ini akunku aku yang kelola. Kecuali kalau butuh pemotretan produk atau konten berbayar, biasanya aku ada yang bantu,’’ ungkapnya.

Jessica Mila bilang lebih baik mengelola akun Instagram sendiri. (foto: metrosemarang/Efendi)

 

5. Jangan Sembarangan Terima Endorsement

Tahukah, menjadi selebgram bukan hanya bisa mendapatkan pengikut atau penggemar semata. Dengan memiliki banyak pengikut dan menjadi Selebgram kalian bisa memperoleh banyak endorsement dari berbagai merek produk.

Untuk masalah ini Jessica Mila berbagi cerita, ‘’Aku nggak sembarangan milih endorsement. Aku tipe yang selektif dalam memilih produk yang ingin aku promosikan. Seperti melihat apakah produknya bagus, apakah dari online shop terpercaya. Sebab, kalau aku asal terima endorsement ternyata penipuan kan kasihan pengikutku,’’ tuturnya.

 

6.Pilih Provider Internet dengan Jaringan Terbaik

Nah, yang terakhir ini yang paling penting. Apalah arti bikin konten foto dan video jika tidak ada akses internet untuk mengunggah ke Instagram. Umumnya, para selebgram adalah generasi milenial yang menginginkan internet hebat, hemat dan cepat.

Pada acara ‘’Smartfren Smartrip : Explore More, Share More’’ yang diselenggarakan perusahaan jasa layanan telekomunikasi Smartfren, Jessica Mila sebagai brand ambassador juga berbagi tips dan merekomendasikan paket data yang cocok bagi para milenial, khususnya influencer dan Selebgram di Kota Semarang yang hadir.

‘’Kalau untuk urusan internet, aku pakai paket data dari Smartfren. Sudah satu tahun pakai dari Andromax volume based, kini pakai yang Super 4G Unlimited. Cukup bermodal Rp 60 ribu dapat kuota internet tak terbatas hingga sebulan. Ini murah banget, karena sebelumnya aku pake provider lain tagihannya bisa sampai Rp 500 ribu,’’ tuturnya.

Mila menambahkan, meski murah jangan takut lemot karena Smartfren sudah didukung jaringan 4G LTE terluas di Indonesia. (*)

Comments are closed.