May Day 2017, Ribuan Buruh Serbu Semarang

METROSEMARANG.COM – Ribuan buruh dari lintas daerah menyerbu Kota Semarang untuk menggelar aksi damai memperingati Hari Buruh pada hari ini, Senin (1/5). Sedikitnya 5.000 buruh turun ke jalanan untuk menuntut pengusaha memenuhi berbagai komponen kesejahteraan upah.

Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

KSPN merupakan kelompok buruh yang pertama kali menggerahkan massanya ke Semarang. Metrosemarang.com memperoleh informasi bahwa ada 1.000 buruh KSPN dari arah kawasan industri Wijayakusuma bergerak ke Tugu Muda pada siang ini.

“Kami sekarang sudah bergerak ke Semarang. Kita akan berunjuk rasa mendesak pengusaha memperbaiki kesejahteraan buruh,” ungkap Nanang, seorang perwakilan buruh.

Titik kumpul mereka di Gedung Batu Simongan. Ada 500 buruh PT. Sinar Panca Jaya yang sudah standby di sana. Di sebelah utara tepat Pos Johar juga ada 1000 buruh.

Di titik timur Penggaron depan PT Sae Apparel, Bitratrex ada penggerahan massa 4000 – 5000 orang. Kemudian transit di RRI dan berkumpul dengan kelompok buruh lainnya di Tri Lomba Juang Mugas.

FSPMI juga mengerahkan semua anggotanya. Dari timur, tepat samping pangkalan truk Genuk ada massa sekitar 400 orang termasuk dari Jepara. Dari arah Barat, 600 buruh Wijayakusuma ikut merangsek ke pusat kota Semarang.

Semua anggota buruh KAHUTINDO bahkan ikut turun ke jalan raya. Titik kumpul di arah barat ada di Taman lele Tugu. Jumlahnya 400 orang. Di sebelah utara, berkumpul di Pos Johar ada 70 orang. Di selatan ada pula 50 buruh di depan PLN Jatingaleh.

Sisanya masih ada dari kelompok buruh yang menamai dirinya sebagai SPI. 100 orang anggotanya terpantau berkumpul di RRI Semarang.

Para anggota serikat buruh KASBI akan melakukan kegiatan sendiri dari pangkalan truk Genuk menuju Pos Johar lalu Jalan Pemuda dan mandek di Balaikota. Mereka berlanjut lagi ke Jalan Pandanaran, Simpanglima, Jalan Ahmad Yani dan bubar di RRI. Jumlah massa 500 orang mulai pukul 09.00 WIB. (far)

You might also like

Comments are closed.