May Day Semarang, Ribuan Buruh “Tumpah” di Jalan Pahlawan 

METROSEMARANG.COM – Sepanjang Jalan Pahlawan, Semarang ditutup sementara, Selasa (1/5). Hal itu dilakukan karena sepanjang jalan tersebut digunakan sebagai titik pusat perayaan Hari Buruh Nasional atau yang kerap disebut May Day.

Perayaan May Day di Jalan Pahlawan Semarang. (foto: metrosemarang.com/Efendi)

Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yuswanto Ardi mengatakan pihaknya telah membuat rekayasa lalulintas dengan mengalihkan jalur lalu lintas melalui jalan lain. “Kami arahkan kendaraan yang menuju ke Jalan Pahlawan untuk melalui jalur ring dua seperti Jalan Veteran, Jalan Sriwijaya, Jalan MT Haryono, dan Jalan Ahmad Yani,” kata Ardi.

Baca Juga: Pengusaha Jengah Tuntutan Kenaikan Upah Melulu

Perayaan May Day di Semarang sendiri melibatkan berbagai serikat pekerja. Ribuan masa tumpah ruah di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah menyuarakan aspirasi mereka. “Dari laporan rekan intel sedianya ada sekotar 9.500 masa, tapi kita lihat dilapangan saat ini sepertinya belum ada 5.000 orang,” imbuh Yuswanto.

Sebelumnya, titik pusat perayaan May Day di semarang direncanakan ada di dua tempat. Keduanyabialah depan Gedung Balaikota Semarang, Jalan Pemuda dan deban Gedung Gubernur Jateng, Jalan Pahlawan. “Namun yang dari Balaikota tadi beralih kesini, bergabung dengan yang di Jalan Pahlawan. Rencananya penutupan kami lakukan sampai pukul 13.00 nanti,” tukas Ardi.

Baca Juga: May Day Semarang, Seribu Pasukan Disiagakan

Sementara Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Abioso Seno Aji mengatakan pihaknya menjamin perayaan May Day di Semarang akan berlangsung aman dan kondusif. Ia telah mengerahkan ribuan pasukan demi berlangsungnya aksi yang damai.

“Ada 1.300 personel dari kami, juga backup dari Sat Brimob dan Dit Sabhara Polda Jateng. Kami harap juga tidak ada masa yang yang berbuat onar. Semoga berlangsung lancar, semua aspirasi mereka tersampaikan,” tukas Abi. (fen)

You might also like

Comments are closed.