Mbah Tuminah Jadi Jemaah Haji Tertua untuk Kloter Semarang

METROSEMARANG.COM – Nasib baik dialami Tuminah Binti Kasrum. Di saat usianya menginjak angka 87 tahun, Tuminah justru punya kesempatan langka untuk mencium Kabah tahun ini.

Sebab, Mbah Tuminah dipastikan menjadi jemaah haji tertua yang akan diberangkatkan melalui kelompok terbang (kloter) 71 Semarang.

Ilustrasi
Foto: metrosemarang.com/dok

Muhammad Habib, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kota Semarang mengungkapkan bahwa Mbah Tuminah selama ini mendaftar sebagai warga Mranggen Demak.

Meski tidak diketahui apa pekerjaannya, tetapi Habib berharap Mbah Tuminah bisa menjaga kebugaran fisiknya saat menginjakan kakinya di Tanah Suci Mekkah.

Habib bilang usia renta tidak jadi jaminan bahwa dia sakit. Ia mengaku banyak menemukan jemaah berusia lanjut tetap dalam kondisi sehat saat menunaikan ibadah haji.

“Jemaah haji tertua dari kloter Semarang atas nama Mbah Tuminah Binti Kasrum dengan usia 87 tahun. Kemudian jemaah termuda berusia 19 tahun bernama Ahmad Iqbal Baharudin bin Soleh, tinggal di Kecamatan Ngaliyan Semarang,” kata Habib kepada metrosemarang.com, Selasa (25/7).

Tahun ini, kata Habib terdapat tujuh kloter jemaah haji asal Kota Semarang. Jumlah jemaah tiap kloter penuh 360 orang. Keberangkatan pertama akan dimulai pada 27 Juli nanti.

Sedangkan untuk pemberangkatan calhaj kloter 18 tepat 1 Agustus. Kloter 18 diisi 360 jemaah asal Kota Semarang. Untuk kloter 71 diisi para jemaah gabungan dengan kabupaten lain sekitar Semarang.

“Semua persiapannya sudah selesai. Tinggal pemberangkatan. Untuk kesehatan fisik dan mental kami mengimbau kepada jemaah agar disiapkan dengan baik sehingga tetap fit selama di Mekkah,” bebernya. (far)

You might also like

Comments are closed.