Mbak Ita Ingin Festival Kuda Lumping Jadi Agenda Tahunan di Semarang

METROSEMARANG.COM – Kota Semarang menjadi tuan rumah Festival Kuda Lumping se-Jawa Tengah, yang digelar di halaman kantor Kecamatan Mijen. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dan dibuka oleh Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, Sabtu (16/4).

Pembukaan Festival Kuda Lumping diawali apel dengan adat Jawa yang diikuti oleh seluruh peserta kelompok kesenian kuda lumping dan dipimpin oleh Mbak Ita, sapaan Wakil Wali Kota. “Kegiatan ini merupakan yang pertama di Kota Semarang dan bisa mengangkat potensi budaya kesenian kuda lumping. Saya berharap festival ini dapat diangkat menjadi agenda tahunan dan masuk dalam daftar wisata di Kota Semarang,” kata Mbak Ita dalam sambutannya.

Festival Kuda Lumping di Kecamatan Mijen, Sabtu (16/4). Foto: dok humas
Festival Kuda Lumping di Kecamatan Mijen, Sabtu (16/4). Foto: dok humas

Acara kemudian dilanjutkan dengan lomba kuda lumping yang diikuti oleh 19 kelompok kesenian se-Jawa Tengah, dengan masing-masing kelompok diberi batasan waktu 10 menit untuk mempersembahkan tarian di hadapan dewan juri dan penonton. Penilaian lomba kuda lumping dilakukan berdasarkan kekompakan, keserasian gerak hingga kostum yang dikenakan. penilaian murni dari seni yang dipersembahkan dan tidak ada unsur mistik atau kesurupan dalam penilaian oleh dewan juri.

Pada siang harinya diadakan lomba membuat replika kuda lumping dan pada malamnya dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit dengan lakon “Sesaji Raja Soya” dengan dalang Ki Agus dan lawak oleh Yati Pesek dan Marwoto. Keesokan harinya, Minggu (17/4) diadakan lomba mewarnai kuda lumping yang diikuti oleh kelompok TK dan anak-anak SD kelas 1 dan 2.

Selama kegiatan berlangsung tersedia stand bazar dan hiburan rakyat antara lain terdapat lomba menyanyi dan hiburan dangdut live music. Menariknya, peserta yang keluar sebagai pemenang selain mendapatkan hadiah juga berkesempatan untuk mencicipi dapur rekaman pembuatan album kompilasi OM. Syailendra. (*)

You might also like

Comments are closed.