Media Punya Peran dalam Regenerasi Partai

Triyono Lukmantoro Foto Metrosemarang/Ade Lukmono
Triyono Lukmantoro
Foto Metrosemarang/Ade Lukmono

SEMARANG – Dalam regenerasi partai politik, peran sangat penting, yaitu sebagai akses informasi pada partai. Hal itu diungkapkan Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Diponegoro (Undip), Triyono Lukmantoro di Hotel Pandanaran, Selasa (24/2).

Dia menambahkan, media sekarang berbeda dengan media yang dahulu. Menurutnya, media zaman sekarang tidak bisa dipungkiri hanya memberitakan hal ang menguntungkan oleh pemilik media tersebut.

“Yang lebih parah lagi, kalau dulu orang partai mendirikan media, sekarang pemilik media mendirikan ‘usaha’ partai,” kata dia.

Perihal selalu munculnya nama-nama lama dalam bursa survei, TL, panggilan akrab Triyono mengatakan bahwa partai di Indonesia secara keseluruhan memiliki ideologi yang hampir sama.

“Kalau semua partainya sama, otomatis para pemilih tidak akan memilih partai, namun tokoh yang ada di partai tersebut,” ungkapnya.

Dia juga menyoroti sikap terlalu patuh kepada pimpinan partai adalah yang dilakukan beberapa politisi seperti Jokowi yang hormat kepada Megawati dan sikap Anas Urbaningrum kepada SBY.

“Jokowi sampai cium tangan jika bertemu Mega. Kalau dalam konteks hormat kepada yang lebih tua, saya maklum. Tetapi dalam etika berpolitik, saya kurang setuju. Ada kesan tunduk kepada pimpinan partai,” paparnya. (ade)

You might also like

Comments are closed.