Memalukan! Oknum Polantas Semarang Terekam Lakukan Pungli

METROSEMARANG.COM – Institusi Polri lagi-lagi tercoreng akibat ulah oknum anggotanya yang diduga melakukan pungli di Semarang. Dalam sebuah video yang beredar di YouTube, seorang oknum polisi terlihat memeras seorang pengendara sepeda motor yang terjaring razia.

Video dugaan pungli yang dilakukan oknum Polantas Semarang beredar di YouTube

Video yang kemudian menjadi viral itu diunggah oleh sebuah akun bernama Gaska Pelangi. Sejak diunggah pada Kamis (14/12) lalu, video tersebut telah diputar sedikitnya 1.645 tayangan.

Video diberi judul “Viralkan, Oknum POLISI Pungli Kembali Beraksi Di Kota Semarang” berdurasi 3 menit 14 detik. Dalam video tersebut, terlihat seorang oknum yang diduga anggota Satlantas Polrestabes Semarang dengan mobil patwal bernomor 3006 tengah melakukan tindak pemerasan. Dari suara yang terdengar dalam video tersebut, tindak pemerasan tersebut dilakukan di daerah Mangkang.

Di bagian juga dijelaskan bahwa video tersebut pertama kali diunggah di media sosial Facebook oleh akun bernama Naura Salsabila M pada Rabu (13/11) lalu. Dalam video tersebut juga tertulis “oknum polisi ini tidak ingin mengeluarkan surat tilang, padahal sebagian Dari Pengendara Lainnya Meminta surat tilang. Melainkan polisi ini hanya menakut-nakuti Pengendara jika Tidak Ingin diselesaikan ditempat Maka kendaraannya Akan Di kamdangin. Dan Polisi Tersebut Juga Sempat Mengatakan Jika Tidak Punya Sim Atau Kadaluarsa Dendanya 1,5 Tapi Kalau Di Sini Setengahnya Saja…”. Video tersebut juga mendapatkan tanggapan dari warganet sebanyak 21 komentar.

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Abioso Seno Aji saat dikonfirmasi mengecam tindakan tersebut. Ia langsung mengambil tindakan tegas terhadap oknum berpangkat Bripka berinisial A.

Abioso menegaskan jika penanganan kasusnya sudah diserahkan ke Sie Propam Polrestabes Semarang untuk segera dilakukan sidang disiplin. “Saya perintahkan untuk memproses secepatnya kasus ini melalui sidang disiplin, akan saya pindah oknum  tersebut setelah sidang,” tegas Abioso usai menghadiri acara launching buku Kapolda Jateng di Hotel Patra Jasa Semarang, Senin (18/12).

Sementara itu, Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Bakharuddin saat dikonformasi juga menyayangkan ulah oknum Polantas (Polisi Lalu Lintas) tersebut. Tindakan oknum yang merujuk ke pemerasan kepada pengendara sepeda motor yang terjaring razia itu menurutnya sangat memalukan institusi Polri.

“Saya sudah telepon Kasatlantas untuk menindak tegas dan kita suruh Propam untuk memeriksa. Kapolrestabes dan saya sudah sepakat untuk jebloskan oknum Satlantas itu ke dalam Sel,” pungkas Bakharuddin. (fen)

You might also like

Comments are closed.