Memasuki Pasar Bebas Asean, 12 Pekerja Cina Mulai Merambah Semarang

Ilustrasi
Ilustrasi

METROSEMARANG.COM – Memasuki pasar bebas Asean, sebanyak 12 tenaga kerja dari Cina mulai bulan ini pindah kerja ke Semarang. Mereka telah mengisi lowongan pekerjaan di PT Inax Internasional yang terletak di sentra industri manufaktur Kota Semarang.

Kabid Penempatan dan Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertansduk) Jawa Tengah, Ahmad Aziz mengatakan, ke-12 pekerja Cina tersebut kini dinyatakan sesuai dengan aturan kualifikasi pekerjaan yang tersedia saat ini. “Keberadaan mereka membuat proses alih teknologi juga terlihat meningkat,” kata Aziz, Senin (18/1).

Ia mengemukakan, sebelumnya telah memverifikasi seluruh dokumen kerja dan proses pengawasan mulai dari keberangkatan mereka di Cina menuju Semarang. Petugas Dinsosnakertransduk, kata Aziz, telah meminta keterangan kepada para pekerja Cina apakah sudah tahu mengenai pola kerja di Indonesia, atau belum.

“Itu kami cermati semuanya termasuk apakah mereka tidak melanggar ketentuan pembatasan jabatan,” sambungnya.

Dalam ekspose atau proses verifikasi pekerja asing itu, ia menambahkan, petugasnya juga turut meminta kejelasan informasi administratif yang diatur Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003, terkait Ketenagakerjaan. Hal ini termasuk kesediaan mereka melakukan transfer ilmu kepada paka pekerja lokal. “Jangan sampai kita tidak bisa memonitor,” kata Aziz.

Para pekerja Cina kini juga wajib menguasai bahasa Indonesia, dengan menunjukkan sertifikat penguasaan bahasa dari lembaga yang kredibel. (far)

You might also like

Comments are closed.