Membangun Kota Idaman lewat Urban Social Forum

METROSEMARANG.COM – The 4th Urban Social Forum kembali digelar. Kali ini giliran Semarang menjadi tuan rumah. Tepatnya di SMAN 1 Semarang, Sabtu (3/12). Urban Social Forum (USF) sendiri merupakan even rutin tiap tahun yang mencoba memberi ruang inklusif, terbuka, dan demokratis bagi seluruh peserta yang hadir.

picsart_12-03-11-08-46

Ahmad Rifai, Direktur Yayasan Kota Kita menuturkan, Young Urban adalah even yang diiniasi oleh mereka yang ingin menciptakan sebuah kota yang lebih baik. USF selalu menyediakan ruang terbuka bagi para aktivis dan masyarakat untuk saling belajar satu sama lain, berdiskusi, dan bertukar pengalaman, serta menjalin persahabatan yang akan memulai kolaborasi dan hasil.

“Pertemuan satu hari ini adalah awal dari kerjasama antar aktivis dari seluruh Indonesia dan dunia,” beber Rifai.

Ia memambahkan, Young Urban selalu mengusung tema yang sama yaitu Another City Is Posible. Sebuah tema yang ingin mengajak semua masyarakat kota untuk membangun dan menciptakan kota idaman baru sesuai dengan keinginan.

Kota idaman yang ingin dituju USF adalah kota yang adil berkelanjutan, kota yang penuh kesempatan, kota yang dibangun oleh partisipasi dan kolaborasi masyarakatnya. “Kami berharap tahun depan adalagi kota yang mengacungkan jari untuk menjadi tuan rumah,” tambahnya.

Pada gelaran keempat ini Young Urban membagi agenda menjadi 34 panel dengan pembicara andal serta workshop ekobring tentang pengelolaan limbah plastik. Seluruh peserta bisa memilih panel mana yang akan diikuti. Peserta juga disuguhi pementasan drama musikal bertajuk Pelangi Hati dari Sahabat Difabel.

Rifai mengungkapkan apresiasi tinggi atas sajian Sahabat Difabel yang menunjukan bagaimana manusia harusnya saling menghormati dan menghargai kebersamaan.

“Hari ini sahabat difabel menunjukan bahwa kita menginginkan kota untuk semua orang bisa berpartisipasi, seperti tujuan Young Urban,” pungkas Rifai. (vit)

You might also like

Comments are closed.