Menakar Kekuatan Lawan PSIS di Babak 16 Besar

METROSEMARANG.COM – Tiket babak 16 besar Liga 2 sudah dikantongi PSIS Semarang. Mahesa Jenar kini tinggal menunggu calon lawan di fase berikutnya yang kemungkinan akan diisi tim-tim asal Sumatera dan Jawa Barat.

Haudi Abdillah dkk masih menunggu lawan di babak 16 besar. Foto: metrosemarang.com

PSIS sudah mengunci satu tempat di babak 16 besar usai kemenangan 1-0 atas Persis Solo, Senin (21/8). Meski masih menyisakan satu pertandingan, Tim Ibukota Jateng yang mengantongi 32 poin sudah tidak mungkin disalip PSIR Rembang yang menghuni peringkat tiga dengan 22 poin.

Sesuai pembagian grup babak 16 besar, PSIS kemungkinan akan menempati pool A atau pool B. Skuad racikan Subangkit berpeluang menjadi juara Grup 4 jika menang atas Persiba Bantul di laga terakhir.

Dengan demikian, Haudi Abdillah cs bakal berada di pool B bersama juara Grup 2, runner up Grup 1 dan runner up Grup 3. Tapi, andai PSIS kalah, sementara Persis sanggup mengatasi PSIR dalam dua kali pertemuan, maka mereka akan mengakhiri fase grup sebagai runner up. Sedangkan Persis yang sekarang mengoleksi 27 poin masih mungkin menambah enam poin.

Jika PSIS menjadi runner up, di babak selanjutnya akan menghuni pool A bersama juara Grup 1, runner up Grup 2 dan juara Grup 3. Sejauh ini dari tim-tim di Grup 1-4, baru PSS Sleman dan PSIS yang sudah memastikan lolos. Setidaknya masih ada 13 tim lainnya yang akan memerebutkan enam tiket untuk menempati pool A dan pool B.

Berikut ini calon lawan PSIS di babak 16 besar:

Grup 1

Grup ini berisikan tim-tim asal Sumatera. Dengan satu laga tersisa, PSPS Riau diunggulkan mampu keluar sebagai juara grup. Saat ini tim berjuluk Asykar Bertuah memimpin dengan perolehan 22 poin.

PSPS bangkit di putaran kedua untuk mengudeta PSMS Medan yang sempat menorehkan hasil sempurna di empat laga perdana. Kecuali pergantian pelatih dari philep Hansen Maramis ke Marwal Iskandar, PSPS masih memertahankan sebagian pemain yang berlaga di Indonesia Soccer Championship (ISC) B 2016.

Mereka juga menambah kekuatan dengan merekrut pemain naturalisasi, Dzumafo Epandi dan eks gelandang Pro Duta, Fiwi Dwipan.

PSMS yang berselisih dua poin di bawah PSPS juga masih punya kans menjadi juara grup. Dengan materi pemain ‘buangan’ PS TNI, Tim yang diarsiteki Suharto digadang-gadang bakal dengan mudah melenggang ke babak 16 besar.

Namun, PSMS justru makin meredup di putaran kedua, dengan menuai serangkaian hasil negatif. Termasuk kekalahan 1-3 saat menjamu PSPS. Bahkan, Ayam Kinantan terancam kandas jika mereka kalah di laga pamungkas, sedangkan Persiraja atau PS Bangka yang sama-sama mengemas 19 poin bisa menang.

Grup 2

Grup ini masih menyisakan tiga tim yang berpeluang lolos. Cilegon United dan Persita Tangerang jadi kandidat terkuat. Keduanya menempati dua besar dengan poin 27 dan masih menyisakan satu pertandingan.

Tapi, Perserang Serang juga berpotensi bisa menyalip di tikungan akhir. Saat ini mereka menguntit di peringkat tiga dengan 21 poin. Namun, masih ada tiga laga lagi yang akan dilakoni Laskar Singandaru, yang berarti poin maksimal yang bisa diraih adalah 30.

Grup 3

Grup 3 sudah mengirimkan PSS sebagai salah satu wakil di babak 16 besar. Satu tiket sebagai runner up grup masih diperebutkan empat tim; PSCS Cilacap (21 poin), PSGC Ciamis (20), Persibat Batang (18) dan Persibas Banyumas (17).

PSCS dan PSGC hanya menyisakan sekali pertandingan. Sedangkan Persibat dan Persibas masih akan melakoni dua laga lagi.

Superioritas PSS Sleman menjadikan tim ini paling dihindari kontestan lain di fase berikutnya. Super Elang Jawa sudah dipastikan tampil sebagai juara grup. Mereka juga menjadi tim pertama yang lolos ke babak 16 besar.

Sementara di Grup 4, satu tempat di babak 16 besar masih diperebutkan Persis dan PSIR. Dua tim ini akan saling berhadapan di laga terakhir pada 11 September plus laga lanjutan yang kemungkinan dihelat pada 5 September.

PSIR di peringkat tiga dengan torehan 22 poin masih mungkin menggeser Persis jika mereka mampu memenangi dua laga dan imbang di partai pamungkas. Selain dua kali meladeni Persis, Laskar Dampo Awang juga bakal menjamu PPSM Magelang, akhir pekan ini.

Pelatih PSIS Subangkit pun mulai memetakan kakuatan calon lawan timnya. Namun, dia menegaskan tetap fokus memersiapkan skuad untuk meladeni Persiba. “Tim-tim asal Sumatera punya daya juang yang bagus dan ngotot. Tapi, kami masih harus fokus untuk menghadapi Persiba karena kami tetap butuh kemenangan jika ingin jadi juara grup,” katanya,” Jumat (25/8).

Dengan jeda waktu sekitar tiga pekan sebelum away ke Bantul, PSIS dijadwalkan bakal menggelar dua kali ujicoba. “Untuk lawan masih kami cari. Jadwal yang tidak bersamaan juga sedikit menyulitkan karena tim-tim Liga 2 yang lain masih harus bertanding,” kata GM PSIS, Wahyu ‘Liluk’ Winarto. (twy)

You might also like

Comments are closed.