Mencari ‘the Next Joey Alexander’ dari Semarang

METROSEMARANG.COM – Kesuksesan Joey Alexander menembus ajang Grammy Awards 2016 telah memberi inspirasi bagi pianis-pianis muda Indonesia. “The Next Joey Alexander” pun diharapkan bisa lahir dari ajang pencarian bakat yang diadakan di sejumlah daerah, salah satunya melalui “Indonesia Music Celebration”.

“Indonesia Music Celebration” merupakan event tahunan yang menjadi ajang kompetisi pianis-pianis muda dari berbagai daerah, termasuk di Semarang. Tahun ini, event yang diinisiasi oleh Veranza Music tersebut dihelat di Grand Edge Hotel Semarang, Sabtu (19/3).

Salah satu peserta "Indonesia Music Celebration" bersiap unjuk kebolehan di hadapan juri. Foto: istimewa
Salah satu peserta “Indonesia Music Celebration” bersiap unjuk kebolehan di hadapan juri. Foto: istimewa

Ratusan pianis yang rata-rata masih berusia belia diberi kesempatan unjuk kebolehan di hadapan para juri, yang khusus didatangkan dari Jakarta dan Surabaya. Peserta yang ikut ambil bagian bukan hanya dari Semarang, tapi juga kota-kota lain di Jawa Tengah.

Soetiono Iskandar, owner Veranza Music mengatakan, event kali ini merupakan kali keempat diadakan di Semarang sejak 2012 silam. “Kami ingin memberikan wadah anak-anak pemula sampai tingkat mahir untuk menampilkan kemampuan mereka bermain piano. Event ini jadi semacam raport yang bisa ditunjukkan kepada orangtuanya,” kata Soetiono kepada metrosemarang.com.

Ada empat kategori yang bisa diikuti para peserta. Kategori A (usia 7 tahun ke bawah), kategori B (8-10 tahun), kategori C (11-13 tahun) dan kategori D (14 tahun ke atas). Mereka bakal berkompetisi untuk mendapatkan label gold, platinum dan titanium.

Pria asal Surabaya ini berujar, Joey Alexander telah membuktikan bahwa Indonesia memiliki anak-anak yang berbakat di bidang musik. Begitu juga ajang “Indonesia Music Celebration” yang telah menelurkan sejumlah pianis muda hingga mendapatkan pengakuan di level internasional.

Menurut Soetiono, selain Semarang, event serupa juga rutin digelar di Jakarta dan Surabaya. “Ajang ini memberikan pengalaman bagi pianis muda untuk berkompetisi, dengan demikian mereka akan terpacu untuk meningkatkan kemampuannya,” imbuh pria 49 tahun ini.

Salah satu orangtua peserta, Jun Wahyudianto mengapresiasi diadakannya “Indonesia Music Celebration”. Dia rela datang jauh-jauh dari Gombong, Kabupaten Kebumen untuk mengantar putri kecilnya, Sauzan (5) unjuk kebolehan di ajang ini.

“Kegiatan ini sangat positif untuk memberi kesempatan anak-anak mengeksplorasi kemampuannya. Bukan saja keterampilan yang terasah, ini bisa menjadi ujian mental bagi anak-anak, sebelum mereka menjadi pianis profesional,” ucapnya.

Setelah melalui seleksi ketat, “Indonesia Music Celebration” sesion Semarang menghasilkan pemenang, di antaranya Kearell Reinka Arman (Kategori A), Lyona Selindra (Kategori B), Ang Johan Nicholas (Kategori C) dan Jason Wibowo Suswanto (Kategori D). (twy)

 

 

 

 

 

You might also like

Comments are closed.