Mendag Ajak Konsumen Gunakan Produk dalam Negeri

METROSEMARANG.COM – Menteri Perdagangan (Mendag) RI Enggartiasto Lukita meminta masyarakat untuk menggunakan produk dalam negeri. Selain memutar roda perekonomian di Indonesia, hal ini juga dimaksudkan agar produsen dalam negeri senantiasa meningkatkan mutu produknya seiring kepercayaan masyarakat dalam menggunakan produknya.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Foto: istimewa 

Pada puncak peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2017 ini, Mendag juga mengajak konsumen Indonesia agar berani bicara mengenai kondisi produk yang dia beli. Sesuai Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999, konsumen mempunyai hak untuk mendapat kompensasi apabila dirugikan.

“Sudah sewajarnya konsumen memperjuangkan hak tersebut karena hal ini secara tidak langsung juga akan meningkatkan tanggungjawab pelaku usaha untuk memberikan produk yang berkualitas dan pelayanan yang prima,” ujar Enggar, Rabu (3/5).

Penyelenggaraan perlindungan konsumen diharapkan mampu mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan menciptakan iklim usaha, serta hubungan yang sehat antara pelaku usaha dan konsumen.

Mendag mengungkapkan, tingkat keberdayaan konsumen Indonesia masih relatif rendah dengan indeks keberdayaan konsumen (IKK) tahun 2016 sebesar 30,86. Ini berarti konsumen Indonesia belum sepenuhnya mampu memperjuangkan haknya sebagai konsumen.

Kondisi ini menyebabkan perilaku komplain konsumen yang rendah ketika dirugikan. Dari hasil survei yang dilaksanakan Kemendag tahun 2016, sebesar 42 persen konsumen yang mengalami masalah lebih memilih untuk tidak melakukan pengaduan dengan alasan risiko kerugian yang tidak besar (37 persen), tidak mengetahui tempat mengadu (24 persen), menganggap proses dan prosedur pengaduan lama dan rumit (20 persen), serta karena mengenal baik penjual (6 persen). (ade)

You might also like

Comments are closed.