Mendag Jamin Stok Sembako Aman sampai Lebaran

METROSEMARANG.COM – Menteri Perdagangan, Enggartoasto Lukito memastikan ketersediaan pangan aman jelang Ramadan hingga Lebaran tahun 2017. Hal tersebut disampaikannya usai melakukan video converence dengan Kapolri di Mapolda Jateng, Jalan Pahlawan, Semarang, Rabu (3/5).

Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Ia mengatakan stok pangan di Indonesia sendiri dirasa masih cukup bahkan hingga 5 bulan ke depan. “Dan sekarang pun harganya tetap terkendali, dan kita akan kendalikan terus,” katanya.

Dalam catatannya, stok bahan pangan dasar untuk minyak goreng tersedia sekitar 1, 5 juta liter, gula dari Bulog sebanyak 460.000 ton, beras 2,1 juta ton, daging 40.000 ton. “Dan untuk daging yang masih dalam perjalanan 51 ribu ton,” bebernya.

Selain itu, Kementerian Perdagangan mewajibkan bagi distributor maupun agen untuk mendaftarkan diri dan melakukan pelaporan terkait tempat gudang maupun stok bahan pangan. Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi terjadi lonjakan harga karena ulah spekulan yang akan mempermainkan harga dengan sistem simpan barang.

Ia juga mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan kepolisian guna pemantauan kestabilitas harga di saat menjelang Lebaran ini. Mereka juga telah membuat Satgas Pangan gabungan dari beberapa instansi terkait.

“Begitu ada hal-hal yang mengindikasikan tentang kelangkaan saja, dan kita bisa cek dengan mudah bahwa itu sebenarnya distribusinya lancar maka kita akan segera bergerak dengan kepolisian dan dengan mudah nanti kita tahu siapa yang bermain,” tambah Enggartoasto.

Sementara itu, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono mengatakan bahwa Satgas Pangan akan dievaluasi setiap dua Minggu sekali. “Ya itu termasuk dari pemantauan harga juga,” ujar Condro.

Dari tahun-tahun sebelumnya, saat menjelang bulan Ramadan seperti ini berbagai bahan pangan harganya melonjak tajam. Namun berbeda dengan tahun ini, kestabilan harga tak terjadi perubahan yang begitu tajam.

“Biarlah kita memulai di tahun ini, membuat ibu-ibu rumah tangga bisa tersenyum dan bisa menunaikkan ibadah puasa dengan senyum dan tidak dengan tekanan atas harga harga yang dibuat oleh spekulan itu meningkat dengan tajam,” tutup Enggartoasto. (fen)

You might also like

Comments are closed.