Menghitung Peluang Mahesa Jenar ke Perempatfinal

PSCS dan Persikabo harus berjibaku untuk mengamankan satu tiket ke perempatfinal. Foto Metrosemarang/dok PTLI
PSCS dan Persikabo harus berjibaku untuk mengamankan satu tiket ke perempatfinal. Foto Metrosemarang/dok PT Liga Indonesia

SEMARANG – Sukses PSIS menyapu bersih tiga laga di putaran pertama babak 16 besar, membuat tim Kota Lumpia menjadi kandidat terkuat sebagai wakil Grup J di fase 8 besar. Skuad Mahesa Jenar hanya butuh tambahan satu poin lagi untuk menyegel tiket perempatfinal.

PSIS memetik kemenangan ketiga saat menjamu PSCS Cilacap di Stadion Jatidiri, Rabu (10/9) malam. Penalti Julio Alcorse di menit 76, memastikan kemenangan skuad racikan Eko Riyadi atas Laskar Nusakambangan. Pada dua laga sebelumnya, Fauzan Fajri dkk juga sukses membungkam Pro Duta 2-1 dan Persikabo 2-0.

Hasil-hasil itu menempatkan Mahesa Jenar sebagai pemuncak klasemen Grup J dengan poin 9. Sedangkan tiga kontestan lainnya baru mengoleksi tiga angka. Dengan komposisi tersebut, kendali Grup J berada di tangan PSIS. Pasukan Biru-Biru hanya butuh tambahan satu angka untuk masuk ke fase berikutnya. Sedangkan PSCS, Persikabo dan Pro Duta masih harus saling tikam untuk menjadi pendamping Semarang.

“Dengan 10 poin, secara matematis posisi kita sudah aman. Apalagi, di putaran kedua nanti, masing-masing tim akan bertemu. Dengan demikian, hanya ada satu tim yang mungkin bisa mengumpulkan poin maksimal di putaran kedua,” kata Setyo Agung Nugroho, Direktur Teknis PSIS kepada metrosemarang.com, Jumat (12/9).

Jika melihat jadwal di putaran kedua, Pro Duta dan PSCS berpeluang menjadi pendamping PSIS. Kedua tim sama-sama bakal melakoni dua laga home. Tapi, mereka harus saling bunuh di matchday pamungkas, 24 September di Cilacap. Jika salah satu dari mereka bisa menyapu tiga kemenangan di paruh kedua babak 16 besar, poin maksimal menjadi 12.

Persikabo juga masih berpeluang lolos. Namun, langkah Laskar Pajajaran jauh lebih berat ketimbang tiga tim lainnya, karena harus tandang ke kandang Pro Duta dan PSIS. Sementara, PSIS masih menyimpan satu laga kandang di putaran kedua, yakni menjamu Persikabo, 24 September mendatang. Tapi, sebelum itu, tim kebanggaan wong Semarang akan melakoni dua laga tandang, melawan PSCS (16/9) dan Pro Duta (20/9).

“Kami akan berusaha memastikan tiket ke 8 besar secepat mungkin. Seandainya di kandang PSCS bisa dapat minimal satu poin, di dua laga selanjutnya bisa lebih ringan. Pelatih juga leluasa merotasi pemain untuk fase selanjutnya,” imbuh Agung.

Jika sanggup mencuri satu angka di Cilacap, poin yang dikumpulkan PSIS menjadi 10. Dengan begitu, PSIS sudah pasti lolos ke perempatfinal, sekalipun armada Eko Riyadi harus ‘melepas’ dua laga berikutnya. (*)

 

KLASEMEN GRUP J

Tim                  M         Mn       S          K         Gol      N

PSIS                  3          3          0          0          5-1       9

Pro Duta          3          1          0          2          4-4       3

PSCS                 3          1          0          2          3-4       3

Persikabo         3          1          0          2          1-4       3

 

Prediksi Peluang

PSIS

vs PSCS          Seri

vs Pro Duta     Kalah

vs Persikabo    Kalah

Poin     10

 

PSCS

vs PSIS           Seri

vs Persikabo    Seri

vs Pro Duta     Menang

Poin     8

 

Pro Duta

vs Persikabo    Menang

vs PSIS           Menang

vs PSCS          Kalah

Poin     9

 

Persikabo

vs Pro Duta     Kalah

vs PSCS          Seri

vs PSIS           Menang

Poin     7

You might also like

Comments are closed.