Mengukur Kekuatan PSIS Lewat Piala Presiden

Amunisi Tambahan 5 Pemain Baru

Empat hari jelang laga perdana melawan Persipura Jayapura, Jafri mengaku cukup puas dengan perkembangan timnya. Namun ada beberapa aspek yang akan dibenahi

Yang paling penting adalah bagaimana tim ini bisa membangun chemistry karena ada banyak pemain baru yang datang.
– Jafri Sastra, Pelatih PSIS –

 

GELARAN Piala Presiden 2019 resmi dibuka di Stadion Sijalak Harupat Bandung pada, Sabtu, 2 Februari 2019. Tahun ini turnamen pramusim tersebut digelar di lima kota, yakni Bandung, Bekasi (Stadion Patriot), Malang (Kanjuruhan), Magelang (Moch Soebroto) dan Sleman (Maguwoharjo).

PSSI menunjuk PSIS Semarang sebagai tuan rumah babak penyisihan Grup C Piala Presiden 2019. Tim yang akan bertanding di Grup C yakni PSIS Semarang, PSM Makassar, Persipura Jayapura, dan Kalteng Putra.

Local Organizing Committee (LOC), Anton Nikijuluw mengatakan, babak penyisihan Grup C bakal dihelat pada 6, 10 dan 16 Maret. Pertandingan pertama dimulai pukul 15.30 dan laga kedua pukul 18.30.

“Satu hari diputar dua pertandingan dan akan diberlakukan tiket terusan. Artinya tiket berlaku untuk dua pertandingan di hari yang sama,” kata Anton di Sekretariat PSIS, Minggu, 3 Maret 2019.

Harga tiket, lanjutnya, masih tetap seperti pertandingan reguler PSIS dengan alokasi 8.000 lembar per hari. Tribun timur dibanderol Rp 50 ribu, selatan Rp 40 ribu dan tribun barat Rp 75 ribu. “Tiket bisa didapat mulai H-2 sebelum pertandingan,” imbuhnya.

Terkait venue, Anton menegaskan jika Stadion Moch Soebroto sudah siap menggelar delapan laga di Grup C. Termasuk penerangan untuk pertandingan malam hari.

Panitia lokal juga menyiapkan empat lapangan yang akan digunakan tim-tim kontestan menggelar official training, yakni Stadion Abu Bakrin, Stadion Gemilang, Lapangan Tri Setya Armed 3 dan Lapangan Demon Akmil.

“Masing-masing tim hanya mendapat jatah satu kali ujicoba lapangan Stadion Moch Soebroto, yakni sehari sebelum pertandingan pertama,” Anton menambahkan.

JADWAL PIALA PRESIDEN GRUP C

Rabu 6 Maret 2019
15.30 PSM vs Kalteng Putra
18.30 PSIS vs Persipura

Minggu 10 Maret 2019
15.30 Persipura vs PSM
18.30 PSIS vs Kalteng Putra

Sabtu 16 Maret 2019
15.30 Kalteng Putra vs Persipura
18.30 PSIS vs PSM

 

 

Target Lolos Fase Grup

Piala Presiden 2019 jadi momentum PSIS Semarang untuk mengukur kekuatan sebelum kompetisi resmi digulirkan. Lolos dari fase grup menjadi target terdekat yang ingin dicapai armada Mahesa Jenar.

Kali ini pelatih Jafri Sastra punya waktu yang cukup ideal untuk menyiapkan skuad, dibanding saat berlaga di Piala Indonesia. Setidaknya ada lima pemain anyar yang menjadi amunisi tambahan, yakni Fauzan Jamal, Kelvin Woppi, Arthur Bonai serta duo Brasil, Wallace Costa dan Claudir Marini Junior.

“Piala Presiden menjadi kesempatan bagus untuk mengukur kekuatan kami karena lawan di sini adalah tim-tim yang nantinya juga akan kami hadapi di kompetisi resmi. Tapi yang paling penting adalah bagaimana tim ini bisa membangun chemistry karena ada banyak pemain baru yang datang,” kata Jafri Sastra, Minggu, 3 Maret 2019.

Hari Nur Yulianto dkk terus menunjukkan grafik meningkat sebelum terjun di Turnamen Piala Presiden 2019. Foto: metrojateng.com/tri wuryono

Pria 53 tahun itu optimistis siap menjalani pertandingan pertama kontra Persipura. “Kami fokus satu pertandingan dulu. Kalau dari progress sejauh ini, pemain sudah semakin siap untuk Piala Presiden,” urainya.

Sementara, General Manager Wahyu ‘Liluk’ Winarto berharap PSIS mampu melewati ujian di laga perdana. Keuntungan sebagai tuan rumah juga harus dimaksimalkan.

“Target lolos dari fase grup. Dengan tambahan pemain-pemain baru, tim juga semakin komplit, sehingga target tersebut sangat realistis. Apalagi PSIS main di kandang sendiri,” katanya.

Hanya juara grup dan tiga runner up terbaik yang berhak lolos ke babak perempat final. Jika berkaca pada klasemen Liga 1 musim lalu, lawan terberat adalah PSM Makassar. Tapi, PSIS sedikit diuntungkan karena Juku Eja harus membagi konsentrasi di AFC Cup.

“PSIS tidak meremehkan lawan-lawan di Grup C. Semua tim masih dalam tahap persiapan untuk musim baru dan tentunya ada perubahan kekuatan dibanding musim lalu. Jadi semua punya kans yang sama,” kata Liluk.

Duel PSM Makassar versus Kalteng Putra jadi laga pembuka, sebelum tuan rumah PSIS Semarang tampil melawan Persipura Jayapura.

Sementara, General Manager PSIS Wahyoe ‘Liluk’ Winarto memastikan timnya sudah melakukan persiapan matang untuk melakoni laga perdana kontra Persipura. Menurutnya, tim berjuluk Mutiara Hitam itu tetap tak bisa diremehkan meski di pertemuan terakhir bisa ditekuk dengan skor 2-1.

“Persipura musim ini sudah berubah. Mereka tidak pernah kehabisan talenta meski ditinggal sejumlah pemain bintang. Kami tak mau kehilangan muka di kandang sendiri,” tegasnya.

 

Coba-Coba Komposisi

Pelatih PSIS Jafri Sastra masih melakukan bongkar pasang pemain untuk membangun chemistry sebelum terjun di Piala Presiden yang bergulir mulai pekan depan. Semua penggawa Mahesa Jenar bakal mendapat porsi yang sama demi menemukan komposisi ideal.

PSIS menggelar internal game dalam sesi latihan di Stadion Moch Soebroto Magelang, Sabtu pagi, 2 Maret 2019. Duo Brasil, centre back Wallace Costa dan striker Claudir Marini Junior dimasukkan ke dalam tim yang dipimpin Hari Nur Yulianto.

Dalam game tersebut Jafri beberapa kali mengganti komposisi pemain di kedua tim. Pelatih 53 tahun itu ingin melihat pemainnya bisa masuk dalam skema permainan yang dia mau.

“Saya tidak melihat tim utama atau cadangan. Di tim ini ada 23 pemain dan mereka semua harus siap dipasangkan dengan siapa saja ketika ada yang berhalangan tampil,” kata Jafri.

Empat hari jelang laga perdana melawan Persipura Jayapura, Jafri mengaku cukup puas dengan perkembangan timnya. Namun ada beberapa aspek yang akan dibenahi.

Chemistry antar pemain semakin meningkat. Pemain-pemain baru juga tidak terlihat canggung dan cepat beradaptasi dengan tim. Masih ada waktu untuk berbenah, khususnya aspek mental,” dia menambahkan.

PSIS bakal memulai persaingan di Grup C Piala Presiden melawan Persipura pada Rabu malam, 6 Maret 2019. Selanjutnya Hari Nur Yulianto dkk akan meladeni tim promosi Kalteng Putra, Minggu malam, 10 Maret 2019 dan melawan PSM Makassar pada Sabtu malam, 16 Maret 2019. Seluruh pertandingan tersebut digelar di Stadion Moch Soebroto. (*)

 

Reporter: Tri Wuryono
Editor: Eka Handriana

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

You might also like

Comments are closed.