Menhub Beri Subsidi untuk Optimalkan Jangkauan Kapal Roro Jakarta-Surabaya

METROSEMARANG.COM – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengalokasikan subsidi khusus untuk mengoptimalkan pengoperasian kapal Roro rute dari Jakarta menuju Surabaya atau sebaliknya.

Menhub Budi saat bertemu Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) di Gumaya Tower, Jalan Gajahmada Semarang, Rabu (22/2). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

“Salah satunya enggak mungkin Roro hadir tanpa jembatan timbang. Maka kita akan fungsikan.Tetapi kalau mesti disubsidi kita pasti hitung. Alokasinya dari APBN Perubahan,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di Gumaya Tower Jalan Gajahmada Semarang, Rabu (22/2).

Lebih jauh, ia menyampaikan bahwa ke operasional kapal Roro ke depan tak hanya dari dua daerah tersebut, melainkan juga harus mampu menjangkau kegiatan logistik antar pulau dari dataran Sumatera hingga Kepulauan Nusa Tenggara.

Dengan begitu, kata Budi, fungsi kapal Roro minimal bisa meningkatkan frekuensi pengangkutan oleh truk. Untuk sejauh ini, kebijakannya telah mendapat respon positif dari para pengusaha truk.

Terlebih lagi, kini kapal Roro punya kapasitas besar untuk mengangkut truk tronton dan sejenisnya.

“Untuk Jakarta-Surabaya sendiri mereka (pengusaha truk) sudah banyak yang ingin beralih. Tinggal berapa pelabuhan sanggup mereka akan pindah. Termasuk untuk rute Selat Sumatera dan Selat Bali,” akunya.

Lebih lanjut lagi, ia pun optimistis hal tersebut bakal mengurai kemacetan serta mengantasi kerusakan jalan di jalur Pantura. Namun, soal tarifnya kini sedang digodok di tingkat legislatif.

“Bagian yang kita diskusikan, ada ukuran tarif, waktu, kendaraannya sendiri. Jadi kita akan buka-bukaan kalau memang efisien dan bersaing kita lakukan itu,” tuturnya. (far)

You might also like

Comments are closed.