Menhub Tindak Tegas Angkutan Barang yang Jadi Biang Macet saat Tahun Baru

METROSEMARANG.COM – Detik-detik menjelang pergantian malam Tahun Baru, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memilih berkantor di Semarang.

Menhub Budi Karya Sumadi saat berada di Semarang, Sabtu (30/12). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Menurut Budi langkahnya tersebut cukup efektif untuk memantau kemacetan di jalur Pantura saat puncak perayaan malam pergantian Tahun Baru tiba.

“Saya rasa kondisi lalu lintasnya saat ini relatif lebih baik dari tahun sebelumnya. Kalau pun ada kantong-kantong kemacetan pasti di ruas jalan Palimanan. Maka kita perlu melakukan berbagai upaya agar kemacetan itu tidak terjadi di jalan-jalan Pantura,” kata Budi saat meninjau kesiapan personelnya di Lawang Sewu Semarang, Sabtu petang (30/12).

Dari pengalaman tahun lalu, Budi mengaku telah mengevaluasi total rekayasa lalu lintas di semua lajur. Untuk Tahun Baru 1 Januari 2018, ia tidak lagi menginginkan munculnya kemacetan panjang di ruas jalur Pantura. Pihaknya telah mengantisipasi potensi kemacetan sejak tanggal 29 Desember-31 Desember.

“Kita sudah antisipasi kemacetan mulai dari Pekalongan. Kita membuat sodetan supaya ada pengalihan arus jika muncul antrean panjang,” bebernya.

Budi telah menginstruksikan kepada seluruh Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) untuk melakukan penindakan hukum (law inforcement) dengan merazia tempat-tempat wisata yanga terdapat jalur tanjakan.

Menurutnya banyak angkutan barang sebagai sumber kemacetan yang harus ditindak tegas. “Mulai dari Baturaden, kawasan Puncak Bogor dan sebagainya harus diperingatkan dengan tegas. Kita akan evaluasi dua hari lagi seperti apa situasinya,” ucapnya. (far)

You might also like

Comments are closed.