Menjajal ‘Ledakan’ Usus Mercon di Warung Sumarni Gunungpati

METROSEMARANG.COM – Bagi pecinta kuliner pedas di Kota Semarang, tak afdol rasanya jika belum mampir di warung milik Sri Sumarni di Jalan Patemon Raya RT 3 RW 4, Kelurahan Patemon, Kecamatan Gunungpati. Namanya Usus Mercon. Dari namanya sudah bisa ditebak, sensasi yang bakal diberikan kuliner yang satu ini.

Salah seorang pengunjung sedang menikmati pedasnya usus mercon di Warung Sumarni. Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad
Salah seorang pengunjung sedang menikmati pedasnya usus mercon di Warung Sumarni. Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad

Tapi, memang begitulah rasa yang diberikan kepada para penikmat kuliner pedas. Saking pedasnya, keringat akan keluar bercucuran, dibarengi dengan udara yang keluar masuk dari mulut karena pedas. Semakin lahap, rasa pedas di mulut pun akan terasa meledak-ledak layaknya mercon.

“Saya merintis ini sejak 2006. Saat itu banyak mahasiswa yang makan di sini. Mereka sering bilang masakannya pedas, akhirnya saya punya inisiatif untuk memberi nama mercon pada menunya,” kata Sumarni kepada metrosemarang.com, belum lama ini.

Rupanya, untuk menghasilkan rasa pedas yang nendang, Sumarni mempunyai resep khusus yang membuat pelanggan ketagihan. Resep itu terletak di takaran usus dan juga cabe rawit setan yang ia jadikan sebagai bumbu utama selain bumbu-bumbu lain.

“Resepnya itu pada takaran cabe sama usus. Kalau ususnya 10 kilo, maka cabe rawit setan sekitar 4 kilo,” jelasnya.

Pantas saja, rasanya sangat meledak-ledak di mulut. Seperti yang dirasakan Irfandi salah satu penikmat usus mercon yang dibanderol hanya Rp 10 ribu per porsi. “Enak, pedasnya nendang di mulut, dan bumbunya terasa,” kata Irfandi. (din)

You might also like

Comments are closed.