Menteri Tjahjo Inginkan Camat yang Visioner

METROSEMARANG.COM – Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo menegaskan hubungan antara Pemerintah Pusat dan Daerah harus efektif dan efesien. Hal itu dalam rangka memperkuat otonomi daerah guna mempercepat pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

Mendagri Tjahjo Kumolo
Foto: metrosemarang.com/dok

Menurutnya, camat tidak bisa bekerja sendirian dalam menjaga stabilitas wilayahnya. Dia harus berkoordinasi dengan semua pihak yang terkait termasuk dengan tokoh agama dan masyarakat. Serta aparatur di bawahnya termasuk lurah.

”Camat tidak bisa bekerja sendiri, melainkan harus senantiasaa bekerja sama dan berkoordinasi dengan lurah dan aparaturnya, Babinsa, Koramil, Tokoh agama, dan tokoh masyarkat yang menjadi bagian dalam setiap pengambilan keputusan bagi camat,” kata Tjahjo Kumolo saat memberikan pengaran pada Rapat Koordinasi Nasional Camat Wilayah Indonesia Timur dan Jawa Tengah di Crowne Hotel Semarang, Kamis (12/10) malam.

Tjahjo juga meminta adanya sinergi, komunikasi, dan sinkronisasi yang baik dengan kecamatan tetangga. “Bagaimana ketika penduduk padat tetapi jaraknya jauh itu bisa mengusulkan puskesmas pembantu, SD, SMP, dan SMA karena ketimpangan sosial masyarakat sumbernya adalah kesehatan, sehingga harus cermat,” terangnya.

Dia juga berpendapat bahwa sebagai camat harus memiliki imajinasi dan impian. Dengan demikian camat akan mempunyai konsep dan gagasan. Sehingga pada akhirnya memiliki keberanian untuk menggerakkan organisasi secara dinamis karena memiliki pemikiran jauh kedepan atau visioner. (duh)

You might also like

Comments are closed.