Menyingkap ‘Halo’ Kokpit, Perangkat Keselamatan Driver F1

'Halo' kokpit yang dipasang di mobil Ferrari. Foto: metrosemarang.com/formula1.com
‘Halo’ kokpit yang dipasang di mobil Ferrari. Foto: metrosemarang.com/formula1.com

METROSEMARANG.COM – Ferrari menjadi tim Formula 1 pertama yang menjajal perangkat keselamatan baru berupa kokpit semi-tertutup. Perangkat yang diberi nama ‘halo’ ini dipasang di mobil SF16-H yang ditunggangi Kimi Raikkonen dalam sesi ujicoba di Barcelona, Kamis (3/3) petang waktu setempat.

Laman formula1.com menampilkan beberapa foto tim Scuderia Ferrari yang dilengkapi ‘halo’ kokpit dari beberapa sisi. Perangkat keselamatan tersebut dirancang menggunakan serat karbon dan melingkar di atas kepala pengemudi. Ini adalah pertama kalinya sistem keamanan tersebut diterapkan pada mobil F1 dalam sesi latihan resmi.

Halo menjadi salah satu solusi untuk melindungi pengemudi yang saat ini sedang dipertimbangkan oleh badan balap Formula 1, FIA. Sistem ini rencananya bakal digunakan mulai musim 2017.

Konsep ‘halo’ awalnya dikembangkan oleh Mercedes-Benz Motorsports, yang kemudian diambil alih oleh FIA tahun lalu. Perangkat ini diharapkan bisa melindungi pengemudi dari serpihan saat terjadi kecelakaan, seperti yang menyebabkan kematian pebalap Indycar, Justin Wilson, tahun kemarin.

Sejauh ini, FIA masih menerima dan mengevaluasi alternatif desain. Kemungkinan langkah berikutnya adalah untuk menempatkan perangkat tersebut pada mobil-mobil lain untuk mendapatkan masukan dari driver-driver jet darat.

Namun, ‘halo’ juga berpotensi menghalangi pandangan pengemudi, meski hal itu coba dibantah FIA yang mengklaim telah melakukan tes di trek terbatas dengan desain serupa dan tidak ada masalah. Raikkonen pun menyebut kokpit baru ini sedikit aneh. (twy)

Comments are closed.