Minggu Siang, 4 Ogoh-ogoh asal Bali akan Diarak dari Kota Lama sampai Balai Kota

METROSEMARANG.COM – Gelaran ke-4 Karnaval Ogoh-ogoh akan kembali digelar di Kota Semarang pada Minggu (27/3) mendatang. Arak-arakan akan dimulai dari depan Gereja Blenduk, Kota Lama hingga Halaman Balai Kota Semarang mulai pukul 14.00.

Menurut Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Semarang, Nengah Wirta Darmayana, akan disiapkan empat Ogoh-ogoh yang didatangkan langsung dari Bali untuk memeriahkan acara ini. Produk budaya dari lokal Kota Semarang pun dipersilakan untuk turut memeriahkannya.

pawai-ogoh-ogoh
Ketua PHDI Kota Semarang, Nengah WD (kiri) dan Kadisbudpar Kota Semarang, Masdiana Safitri memberikan keterangan pers untuk acara Karnaval Ogoh-ogoh pada Minggu (27/3) mendatang di Balai Kota Semarang. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

“Ini kami adakan juga dalam rangka Nyepi. Tujuannya adalah untuk memupuk rasa kebersamaan antar umat beragama di Kota Semarang dan memantik seniman Kota Semarang turut kreatif untuk kegiatan-kegiatan budaya selanjutnya,” kata dia, Selasa (22/3) dalam jumpa pers di Balai Kota Semarang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Masdiana Safitri mengatakan, dalam gelaran karnaval ini, akan melibatkan lebih dari 1.000 orang. Peserta dari Bali, Lombok dan daerah lain pun sudah mengkonfirmasi kehadirannya dalam acara ini.

Dia berharap, acara ini akan menjadi daya tarik wisata dan akan menjadi agenda rutin tahunan kota. “Bukan tentang keagamaan, tetapi tentang keanekaragaman budaya yang kita miliki berasama. Ini yang harus dipelihara,” kata dia.

Beberapa kantung parkir sudah dipersiapkan jika masyarakat ingin menyaksikan karnaval ini, antara lain halaman Satlantas di Kota Lama, SMA 3, SMA 5, Bank Jateng dan Halaman Belakang Balai Kota Semarang. Masyarakat juga diimbau untuk tidak memarkir kendaraanya di pinggir jalan karena bisa menimbulkan kesemrawutan dalam arak-arakan Ogoh-ogoh yang tingginya bisa mencapai empat meter tersebut. (ade)

You might also like

Comments are closed.