Minta DED Direvisi, DPRD Dorong Johar Segera Dibangun

Supriyadi Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi
Foto: metrosemarang.com/dok

METROSEMARANG.COM – DPRD Kota Semarang mendorong pemerintah kota setempat segera merealisasikan pembangunan pasar khususnya Pasar Johar paskaterbakar. Sebab kasihan pedagang Johar yang di berada di pasar sementara di komplek Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). Kondisinya seperti hidup segan mati tak mau karena banyak kendala.

Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi berharap persoalan Detail Engineering Design (DED) pembangunan Pasar Johar yang masih ditolak pedagang segera selesai. Rekomendasi yang dihasilkan dalam mediasi yang diprakarsai pemerintah kota belum lama ini diharapkan bisa ditindaklanjuti oleh konsultan.

‘’Mediasi saat itu ada dua alternatif solusi terkait penolakan pedagang atas rencana pembangunan gedung baru Pasar Johar 6 lantai. Yaitu mengurangi lahan parkir, kemudian memanfaatkan sebagian luasan alun-alun untuk bangunan pasar, namun bangunan baru di daerah Kanjengan itu tetap tiga lantai,’’ katanya, Selasa (28/2).

Dia berharap hasil mediasi itu benar-benar menjadi pertimbangan untuk menyelesaikan masalah. Sebab mediasi sudah melibatkan berbagai pihak terkait mulai konsultan, pakar budaya, sejarawan, konsultan, perwakilan DPRD dan pedagang sendiri.

Secara pribadi, dia mengaku mendukung bangunan baru (non konservasi) untuk pedagang Pasar Yaik Permai dan Yaik Baru di Johar cukup tiga lantai. Adapun sebagaian luasan alun-alun digunakan untuk bangunan baru, pengganti tiga lantai yang dihilangkan.

‘’Karena itu, kami minta konsultan mengubah desain komplek Pasar Johar, berdasarkan alternatif solusi yang ada,’’ kata Supriyadi.

Setelah konsultan menyelesaikan perubahan DED tersebut kemudian harus segera melakukan pemaparan. Setelah itu diharapkan bisa langsung diputuskan DED finalnya dan segera dilaksanakan pembangunan komplek Pasar Johar. (duh)

You might also like

Comments are closed.