Monsinyur Rubiyatmoko Akhirnya Jadi Uskup Agung Semarang

METROSEMARANG.COM – Monsinyur Robertus Rubiyatmoko akhirnya ditahbiskan menjadi Uskup Agung Keuskupan Agung Semarang (KAS) di Lapangan Bhayangkara Akademi Kepolisian Gajahmungkur, Jumat (19/5) kemarin. Penahbisan dilakukan Uskup Agung Jakarta Monsinyur Suharyo yang didamping Mgr Antonius Subianto Bunyamin (Uskup Bandung), OSC dan Mgr Henricus Pidyarto Gunawan, OCarm (Uskup Malang).

Upacara Tahbisan Uskup Agung Semarang di Lapangan Bhayangkara Akpol, Jumat (19/5). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Romo Rubi menyita perhatian tamu undangan dengan balutan jubah serba putih. Ia terus tersenyum sembari berjalan sampai ke depan panggung penahbisan.

Dengan diiringi lantunan doa dari ribuan umat Katolik yang hadir, Romo Rubi kemudian menjalani tiap prosesi penahbisan.

Romo Rubi merupakan Uskup Agung yang baru untuk Kota Semarang yang sempat bekerja di Pengadilan Gereja Yogyakarta. Panitia acara juga sempat membacakan perjalanan hidupnya dimana yang bersangkutan selama ini mengajar hukum pidana gereja di Universitas Sanata Dharma.

Prosesi penahbisan yang digelar pukul 16.00 WIB itu dihadiri setidaknya 15 ribu umat Katolik dari penjuru Jawa Tengah, Yogyakarta hingga luar Jawa.

Ditengah cuaca terik ribuan umat Katolik tak bergeming dari tempat duduknya. Mereka tetap menghadiri acara sembari melantunkan doa-doa yang dikutip dari Injil.

“Panggilan ini merupakan berkat dan rahmat Tuhan yang patut disyukuri. Saya mohon doa dan dukungan kepada para hadirin atas perjalanan saya menjadi penggembala hingga akhir hayat,” kata Romo Rubi dalam acara puncak tahbisan.

Puncak penahbisan ditandai dengan pembacaan surat pengangkatan Romo Rubi sebagai Uskup Agung Semarang oleh Dubes Vatikan untuk Indonesia, Monsinyur Antonio Guido Filipazzi.

“Surat penahbisan ini dikeluarkan oleh Keuskupan Vatikan, Roma,” begitu kata Monsinyur Antonio Guido Filipazzi saat dia membacakan akhir pada surat tahbisan yang diikuti dengan tepukan riuh para umat Katolik.

Uskup Agung Semarang Mgr Robertus Rubiyatmoko. Foto: dok sesawi.net

Uskup Agung Jakarta Monsinyur Ignasius Suharyo mengatakan dirinya ikut larut bersukacita atas penahbisan Uskup Agung Semarang yang baru. Ia berharap ke depan bisa tercipta peradaban kasih bagi umat Katolik di wilayah Keuskupan Agung Semarang.

“Dan janganlah kamu lupa untuk menjaga kesehatan kami, mendukung kehidupan kami dengan doa-doa dari Tuhan kami,” ujarnya mengutip beberapa ayat di Injil.

Prosesi penahbisan juga dihadiri 34 uskup dari seluruh keuskupan se-Indonesia, 500 pastor serta kurang lebih delapan belas ribu umat dari 100 paroki yang ada di Keuskupan Agung Semarang dan sekitarnya.

Di lokasi tahbisan juga dijaga ketat sejumlah pasukan kepolisian dan TNI. Sebuah kendaraan lapis baja disiagakan di pojok pintu keluar untuk mengantisipasi gangguan keamanan. Personel TNI/Polri memperkuat penjagaan di semua sudut Akpol. (far)

You might also like

Comments are closed.