Mudik Lebaran, 141 Jembatan Timbang Diubah Jadi Rest Area

SEMARANG – Sebanyak 141 jembatan timbang di seluruh Indonesia bakal diubah menjadi rest area bagi para pemudik saat Lebaran 1439 Hijriyah nanti. Menurut Kepala Sub Direktorat Angkutan Barang, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Deni Kusdiana, alih fungsi jembatan timbang itu dilakukan untuk menambah fasilitas tempat istirahat para pemudik yang datang dari berbagai daerah.

mudik semarang
Kepala Sub Direktorat Angkutan Barang, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Deni Kusdiana usai melepas rombongan tour bike Kemenhub di Lawang Sewu. (foto: metrosemarang.com/Fariz Fardianto)

“Jumlah jembatan timbang yang dibuat rest area nanti ada 141 unit di Indonesia. Karena posisi di tahun 2017 tidak semua dioperasikan lantaran ada pengalihan aset ke kemengub. Maka pada saat masa angkutan Lebaran akan dipakai untuk rest area,” ungkap Deni, Rabu (2/5).

Di Pulau Jawa sendiri terdapat jembatan timbang 26 unit. Untuk mendukung alih fungsi itu, pihaknya bakal menutup semua jembatan timbang mulai H-7 sampai H+7 Lebaran. Lebih lanjut, ia menguraikan pengoperasian angkutan barang saat arus mudik dipastikan bakal berhenti total. Hal ini dimaksudkan demi mengurangi beban jalan selama puncak mudik.

Baca Juga: 12,4 Juta Unit Kendaraan Bakal Padati Jalur Mudik

“Mulai H-4 sampai H+1 Lebaran semua angkutan barang harus berhenti beroperasi kecuali yang angkutan sembako, masih diberi kompensasi untuk beroperasi dalam tenggat waktu tertentu,” tegasnya.

Ia menambahkan, pihaknya kini juga sudah memetakan rute jalur alternatif sepanjang ruas jalan Jakarta, Semarang sampai Surabaya. Ia berharap jalur alternatif bisa digunakan para pemudik supaya titik kemacetan tidak bertumpu pada jalan tol.

“Kami akan meninjau semua prasarana dalam waktu dekat. Yang daerah rawan kecelakaan khususnya jalur yang curam dan terjal juga sudah berkoordinasi dengan Polri. Itu jadi kawasan antisipasi kecelakaan. Personel Polri akan ditempatkan di situ,” ujar Deni. (far)

You might also like

Comments are closed.