Muhammad Zaki: Promosikan Museum Melalui Twitter

Muhammad Zaki (foto: Metro Semarang/Ade Lukmono)
Muhammad Zaki (foto: Metro Semarang/Ade Lukmono)

Mengerti pentingnya media sosial, pengelola Museum Jawa Tengah Ranggawarsita menggagas dibuatnya akun twitter @museumjateng. Adalah Muhammad Zaki, seorang pemandu museum yang merupakan salah satu dari beberapa admin akun tersebut yang sampai sekarang eksis di dunia maya.

Menurutnya, media sosial sangat efektif untuk mendekatkan museum kepada masyarakat, khususnya pemuda yang kebanyakan merupakan pengguna media sosial. “Kami bisa berinteraksi dengan masyarakat kapan pun,” kata dia.

Sebelumnya, publikasi yang dilakukan hanya berwujud undangan ke instansi resmi seperti sekolah dan kantor-kantor dinas. Selain itu undangan terkesan terbatas lantaran hanya sampai ke orang-orang yang dikenal.

Zaki juga bekerjasama dengan admin akun kota dan portal berita di Semarang agar tujuannya untuk mempromokan museum cepat tercapai. Alhasil, pengunjung museum diakuinya meningkat setelah dia rajin berkicau melalui akun @museumjateng.

Secara personal, ponsel pintar milik Zaki juga bertambah ramai lantaran terdapat dua akun, yaitu akun pribadi dan akun resmi Museum Jawa Tengah Ranggawarsita. (ade)

You might also like

Comments are closed.