Asyiknya Berwisata Museum di Semarang

Museum Mandala Bhakti (foto: Metro)
Museum Mandala Bhakti (foto: Metro)

Selain tempat wisata religi maupun amusing park, Semarang juga mempunya wisata Museum. Berbagai koleksi benda bersejarah dengan catatan-catatan historis tersimpan di sana. Berikut daftar museum di Semarang yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata yang edukatif:

Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah

Museum ini terletak di komplek Masjid Agung Jawa Tengah, tepatnya di Menara Al Husna. Museum ini diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah Mardiyanto pada tanggal 28 September 2007. Koleksinya sebagian besar adalah benda-benda bersejarah dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Jumlah koleksi yang dimiliki Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah sekitar 100 unit. Benda-benda itu tersimpan dalam ruang dua lantai dari 19 lantai yang berada di Menara Al Husna. Museum ini menyimpan keris, mushaf Alquran kuno, Alquran raksasa, mimbar kuno dari Masjid Terboyo, artefak, gamelan, wayang, dan nisan yang asli. Adapun benda replika antara lain maket MAJT dan menara Masjid Sunan Kudus. Untuk masuk ke ruang museum di lantai 2, pengunjung harus melewati replika gerbang menara Masjid Sunan Kudus. Sedangkan di lantai 3 ada replika pintu gerbang Keraton Surakarta.

Jam layanan Museum Perkembangan Islam Masjid Agung Jawa Tengah Ini pada hari Selasa sampai minggu pukul 08.00 – 15.00. Hari Senin libur.

You might also like

Comments are closed.