Musim Haji 2017, Kemenag Pastikan 1.383 Lansia Berangkat ke Mekkah

METROSEMARANG.COM – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Semarang memastikan jumlah calon jemaah haji (calhaj) pada musim keberangkatan haji 2017 mendatang meningkat seiring adanya penambahan kuota yang diberikan oleh Kerajaan Arab Saudi kepada pemerintah Indonesia.

Ilustrasi
Foto: metrosemarang.com/dok metrojateng.com

Kerajaan Arab Saudi memberikan tambahan kuota haji bagi Indonesia sebanyak 10 ribu jiwa. Tambahan kuota itu dibagi merata ke semua wilayah yang ada di Indonesia. Selain itu juga ada tambahan kuota 20 persen yang berasal dari pengembalian kuota pada tahun-tahun sebelumnya.

Kepala Kantor Kemenag Kota Semarang, Muhammad Habib mengatakan dengan penambahan kuota sebanyak itu, jumlah calhaj yang diberangkatkan ke Mekkah mencapai 2.108 jiwa.

“Insyaallah semua persiapannya dalam waktu dekat sudah selesai termasuk kepengurusan paspor dan kami Sabtu (15/7) besok (hari in) akan mengadakan manasik massal yang diikuti ribuan calon haji di UIN Walisongo,” kata Habib di kantornya, Jumat (14/7).

Sedangkan untuk kegiatan manasik tahap selanjutnya juga akan digelar di tiap kantor kecamatan masing-masing.

“Mudah-mudahan tahun ini pelaksaan ibadah haji berjalan lancar. Sebab kota sudah memenuhi kuota yang ditargetkan pemerintah Arab Saudi,” ungkapnya.

Habib bilang dari total calhaj tersebut, terdapat 1.383 jiwa lansia yang turut serta menunaikan ibadah haji. Jumlah calhaj lansia terbanyak berada di Pedurungan Semarang. Secara keseluruhan jumlah lansia laki-laki lebih banyak ketimbang perempuan.

Habib menyatakan dalam pelakaanaan tahun ini pihaknya memberangkatkan tujuh kloter calhaj ke Tanah Suci Mekkah.

Ada dua kloter gabungan asal Demak dan Grobogan yang akan diberangkatkan tahun ini. Pemberangkatan calhaj perdana akan dilakukan 27 Juli nanti. Sedangkan calhaj asal Semarang akan berangkat perdana mulai 2 Juli.

“Kapasitas kursi yang disediakan maskapai Garuda Indonesia tetap sama. Yakni 360 kursi. Tidak ada penambahan sama sekali,” tandasnya. (far)

You might also like

Comments are closed.