Naik BRT Trans Jateng dari Semarang ke Bawen Hanya 75 Menit

METROSEMARANG.COM – Kehadiran Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng tampaknya menarik perhatian masyarakat untuk mencoba menggunakan transportasi umum tersebut. Banyak dari mereka yang menggunakannya sebagai media transportasi harian ataupun hanya sekadar menjajal untuk bepergian serta merasakan pelayanan di dalamnya.

Suasana di dalam armada BRT Trans Jateng. Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

BRT Trans Jateng beroperasi mulai pukul 05.00 hingga 20.00 setiap harinya. Sehingga buat para pelajar serta para pekerja pabrik bisa memilih kendaraan umum ini sebagai transportasi harian mereka.

Selain itu, perjalanan menggunakan Trans Jateng ini dirasa nyaman dan tak terlalu banyak hambatan dalam perjalanannya. Rute yang dilalui pun tak begitu banyak titik rawan kemacetan, sehingga tingkat keterlambatan BRT tersebut terhitung rendah.

Dari pantauan yang dilakukan metrosemarang.com, Senin (31/7), waktu tempuh Trans Jateng dari Semarang menuju Terminal Bawen kurang dari 2 jam. Sekitar pukul 11.45 dari Shelter depan Gereja Katedral dan sampai di Terminal Bawen tepat pukul 13.00 atau sekitar 1 jam lebih 15 menit atau 75 menit saja.

Waktu tersebut sudah melalui dua titik macet yakni di pembangunan flyover Jatingaleh dan di sekitar Pasar Karangjati, Ungaran.

Meskipun begitu, kita tidak akan merasa bosan ketika melalui jalur kemacetan tersebut, karena kebersihan dan pelayanan dari pihak Trans Jateng menambah kenyamanan selama dalam perjalanan. Selain itu, lantunan lagu-lagu lawas era 80an juga setia menemani Anda sepanjang perjalanan.

Namun untuk perjalanan dari Terminal Bawen menuju Semarang sedikit terhambat akibat proyek pembangunan Flyover Jatingaleh. Perjalanan mulai masuk Jalan Gombel Lama hingga melewati kawasan proyek menyita waktu sekitar 15 menit. Di sekitar proyek, arus menuju Kota Semarang lebih padat dibandingkan menuju Bawen. Sehingga perjalanan menuju Semarang lebih lama dibandingkan dengan menuju Terminal Bawen.

Terhitung sekitar 1 jam lebih 30 menit lama perjalanan dari Terminal Bawen menuju Kota Semarang. Dari pantauan yang dilakukan yakni pada pukul 14.15 pemberangkatan dari terminal Bawen, armada tersebut sampai di Shelter Bringin Jalan Imam Bonjol pada pukul 15.45.

Terhambatnya perjalanan itu mungkin tidak akan berlangsung lama. Pasalnya jika pengerjaan proyek flyover Jatingaleh telah rampung, kemungkinan perjalanan akan lancar tanpa kendala.

Seperti diketahui Koridor I Trans Jateng dengan rute Tawang-Bawen resmi meluncur pada 7 Juli silam. Harga tiket bus Trans Jateng sebesar Rp 1.000 khusus buruh dan pelajar serta penumpang umum seharga Rp 3.500 per lembar.

Untuk mendukung pengoperasian jurusan tersebut, pemerintah provinsi menggelondorkan subsidi sebesar Rp 14 ribu per penumpang. Selama enam bulan ke depan total subsidi yang dikucurkan mencapai Rp 5,6 Miliar.

Trayek Tawang-Bawen diklaim mampu memangkas waktu tempuh yang ada selama ini. Jarak pada trayek tersebut adalah 36,5 kilometer dengan waktu tempuh berkisar 90 menit. Jumlah shelternya ada sebanyak 38 titik dan sebaliknya 43 buah. (fen)

You might also like

Comments are closed.