‘Ngintir Kalijaga’, Sensasi Wisata Menaklukkan Jeram Kali Krandji

image

SEMARANG – Kota Semarang kini memiliki wahana wisata baru yang sangat menarik. Wisata baru tersebut berupa wisata alam menyusuri Kali Kreo Atas (Kali Krandji) di Gunungpati. Oleh warga Kelurahan Kandri yang membentuk Embun Organizer dan mengelola wisata alam tersebut paket wisatanya diberi nama “Ngintir Kalijaga”, yang mulai beroperasi sejak awal Juni tahun ini.

“Alur Sungai Krandji dipercaya warga dulunya digunakan tokoh Walisongo, Sunan kalijaga saat membawa gelondongan kayu jati dari daerah Sodong, Mijen yang hendak digunakan untuk membangun Masjid Agung Demak dengan cara dihanyutkan,” terang Gatot Mujiono dari Embun Organizer.

Durasi penyusuran sungai kurang lebih 2,5-3 jam. Wisatawan akan diajak menyusuri Kali Kreo Atas dengan menggunakan ban dalam. Sepanjang perjalanan, wisatawan akan disuguhi berbagai kisah Sunan Kalijaga yang memiliki hubungan sejarah erat dengan Kandri dan Kreo.

Bukan hanya sensasi petualangan yang ditawarkan, namun wisatawan juga bisa menikmati pemandangan di kiri-kanan sungai yang masih alami dan sangat indah. Lebar sungai yang disusuri sekitar 5-8 meter, dengan arus yang cukup deras di beberapa titik.

Petualangan akan dimulai dari Jembatan Kali Kranji yang berada di Jalan Raya Mundingan, Kaligetas. Etape pertama menempuh jarak sekitar dua kilometer, yakni dari jembatan tersebut hingga Kedungceleng. Di etape pertama tersebut, medan yang dilalui relatif  masih landai meski ada beberapa jeram yang cukup menantang.

Etape kedua, menempuh jarak sekitar satu kilometer, dari Kedungceleng hingga Kedunglumpang. Di etape inilah, banyak titik jeram dengan tingkat kesulitan cukup tinggi.

Gatot Mujiono sangat yakin paket wisata menyusuri kali Kreo Atas akan sangat diminati warga semarang dan sekitarnya. Ini mengingat Semarang sangat kurang wahana wisata. “Tak perlu jauh-jauh keluar kota kalau ingin berwisata arung jeram, cukup ke Kandri dan anda akan mendapatkan sensasi petualangannya,” tandasnya.

Paket wisata petualangan yang ditawarkan Embun Organizer Rp 100 ribu per orang, lengkap dengan makan siang dan makanan kecil (snack). Bagaimana.., tertarik mencoba..? Contact Person Embun Organizer: Gatot 081 326 362 099. (MS-01)

You might also like

Comments are closed.