Nguripi Kendeng, Aktifis Galang Dana di TBRS

image
Aksi Nguripi Kendeng di TBRS Semarang, Sabtu malam (16/5). Foto: metrosemarang.com/anton sudibyo

SEMARANG – Koalisi Semarang untuk Kendeng kembali menggelar aksinya, Sabtu (16/5) malam. Mereka melakukan penggalangan dana untuk gerakan melawan pendirian pabrik Semen di Rembang.

Aksi yang berlangsung hingga Minggu (17/5) ini bertajuk Nguripi Kendeng. ‎Tema yang diangkat ialah “Menjaga Kelestarian Lingkungan dan Kedaulatan Pangan Nusantara”.

Pembukaan Nguripi Kendeng pukul 20.00 diawali dengan selamatan bumi. Acara dimeriahkan oleh penampilan seniman dan musisi muda Semarang, Ada pesepeda keliling ASEAN Wing Sentot Wiryawan yang menyanyikan lagu-lagu Iwan Fals. Dilanjutkan kelompok Hmmm yang dipimpin Bintar menampilkan musik eksperimental. Ada juga Bara, personil band Siasat dari Solo ini menyanyikan lagu-lagu ciptaannya sendiri dengan lirik-lirik bernafaskan kritik sosial.

Tak cuma panggung, acara ini juga membuka lelang karya dari 14 seniman. Lebih dari lima puluh karya foto, lukisan, dan gambar ilustrasi tentang Kendeng dipamerkan. Tenda lain, diisi jejeran poster, kaos, buku, dan lapak sablon. Sejumlah kelompok yang menampilkan karyanya antara lain Rumah Buku Simpul,‎ Samijoyo All Star, Hypatia, dan Craftnish‎.

‎Pada Minggu malam, selain sejumlah pertunjukan juga akan diisi dengan sarasehan dan pemutaran film Samin Vs Semen. Akhir dari acara akan dilakukan penyerahan donasi kepada warga Kendeng Utara, Rembang. (byo)

You might also like

Comments are closed.