Nikmati Liburan Akhir Tahun, Wisatawan Blusukan ke Kebun Durian Monti

METROSEMARANG.COM – Menikmati liburan panjang akhir tahun tak melulu mengunjungi destinasi wisata di pusat Kota Semarang. Kebun durian montong Gunungpati alias monti jadi salah satu destinasi yang tak boleh Anda lewatkan.

Kebun durian monti di Gunungpati yang menjadi jujukan wisatawan. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Berlokasi di dekat perempatan Sorasem atau berjarak 1 kilometer dari Pasar Gunungpati, Kebun Durian Monti mampu menghasilkan durian seberat 10 kilogram. Sang pemilik pun biasa menjualnya seharga Rp 40 ribu.

Agus Mahendra, merupakan salah satu  wisatawan asal Malang yang penasaran akan citarasa durian monti ini. Agus panggilannya saat ditemui metrosemarang.com, Selasa (27/12) pagi, mengaku senang tatkala mendapati kebun durian dengan buah sebesar itu.

“Rasanya enak dan mantap. Tidak rugi jauh-jauh dari Malang ke sini buat mencicipi durian monti,” kata Agus.

Ia mengaku hanya bermodal peta pada telepon selulernya untuk melacak keberadaan kebun durian monti di Gunungpati. Dari Lapangan Pancasila Simpang Lima, ia tancap gas mengendarai mobil menuju arah selatan, melewati simpang empat Jalan Pahlawan lalu belok kanan menuju Jalan Veteran hingga melewati Jalan Kaligarang dan Gedung Batu.

Durian Monti khas Gunungpati yang bobotnya bisa mencapai 10 kilogram. Foto: metrosemarang.com/dok

Bagi Agus dan keluarganya, perjalanannya menelusuri kebun durian sungguh menakjubkan. Menurutnya ini adalah pengalamannya pertama kali setelah sebelumnya hanya berkutat di pusat kota saja.

“Hanya bertanya ke orang-orang pinggir jalan saya sudah sampai di kebunnya. Masih asri, sejuk dan tentunya saya langsung memborong enam buah durian monti, rasa manisnya benar-benar mantap,” sahut Lestari, istri Agus.

Kebun durian monti tersebut juga dilengkapi pendopo besar yang bisa dipakai untuk berpesta durian tiap hari. Selain kebun durian, pada sisi kirinya juga ditumbuhi pohon kelengkeng, rambutan dan manggis.

Tumidi, pemilik durian monti mengaku senang kebunnya jadi rujukan wisatawan. Sebenarnya kalau ingin rasanya lebih mantap, pengunjung bisa memesan duriannya dulu empat hari sebelumnya. “Tapi bisa juga makan di sini tiap hari karena buahnya sedang panen raya,” kata Tumidi. (far)

You might also like

Comments are closed.