Nikmatnya Berburu Durian Mijen saat Akhir Pekan

Ribuan durian bisa Anda jumpai di Pasar Buah Mijen. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Ribuan durian bisa Anda jumpai di Pasar Buah Mijen. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

METROSEMARANG.COM – Bagi para penjelajah rasa, menikmati kuliner di Semarang tak melulu menyambangi Jalan Pandanaran atau Simpang Lima.

Saat masa panen durian, cobalah Anda jalan-jalan ke Kecamatan Mijen. Di tapal batas Kota Semarang dengan Kendal itu, Anda bisa mencicipi buah durian sepuasnya dengan harga murah meriah, alias mumer!

Rasa durian yang dihasilkan oleh petani-petani handal di Mijen ini tak kalah nikmatnya dari durian montong atau petruk sekalipun. Durian Mijen, begitu orang akrab mengenalnya, memang dari varietas lokal. Tapi rasanya boleh diadu. Satu gigitan buah durian begitu terasa manis, legit dan pastinya mantap.

Mijen memang dikenal surganya durian karena ribuan hektar lahan di sana mudah ditumbuhi pohon durian. Bahkan, tiap rumah saat masa panen orang-orang begitu mudahnya menjumpai durian bergelantungan diatas pohon.

Nunung Sriyanto, warga setempat menyebut Mijen jadi sentra penghasil durian sejak puluhan tahun silam. Ia sendiri kerap menikmati durian kala senggang di hari Minggu.

“Ini saya mau ke Pasar Buah. Di sana saya mau mencicipi durian sepuasnya. Mumpung lagi panen,” kata Nunung, kepada metrosemarang.com, Minggu (17/1).

Nunung berkata memilih buah durian dengan rasa enak pun tak mudah. Secara kasat mata,  durian yang manis nan legit bisa dilihat dari aromanya. Kemudian, bentuk durinya dan warna kulitnya pun harus kuning keemasan.

“Kalau udah tahu caranya milih durian, kita mau nyari yang kayak apa pasti dapat sesuai selera,” lanjutnya.

Sedangkan, Waginah, pedagang durian di Pasar Buah Mijen bak tertimpa durian runtuh saat memasuki musim panen seperti saat ini. Ia meraup untung berlipat dari hasil jualan buah berduri tersebut setiap hari. “Saya jual durian mulai Rp 25 ribu sampai paling mahal Rp 100 ribu,” terang perempuan berusia 47 tahun ini.

Waginah bukanlah satu-satunya pedagang yang panen rezeki. Saat ini, ada puluhan pedagang yang berjejalan menjual durian dari pagi buta hingga sore hari. Tunggu apalagi. Mari berburu durian di Mijen! (far)

Comments are closed.