Nikmatnya Menyantap Durian Monti Berbobot 10 Kilogram di Gunungpati

Tumidi menunjukkan Durian Monti khas Gunungpati. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Tumidi menunjukkan Durian Monti khas Gunungpati. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

METROSEMARANG.COM – Pernah terbayangkan menggendong dan memakan durian seberat 10 kilogram? Keinginan tersebut bisa Anda wujudkan jika Anda berkunjung di Sentra Durian, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang.

Di sana dikembangkan durian jenis baru yamg diberi nama Durian Monti. Asal nama Monti diambil dari akronim Montong Gunungpati. Durian ini bisa berbuah optimal pada Oktober hingga Februari.

Adalah Tumidi Arso bersama 19 petani durian lain yang tergabung kelompok petani durian Gunungpati 01 yang berhasil mengembangkan durian montong tersebut. Dia mengatakan, pernah memanen durian Monti dengan berat 10 kilogram.

“Tahun ini belum bisa memcahkan rekor lagi, baru bisa mencapai 7,8 kilogram. Hal ini karena musim kemarau panjang sehingga buah tidak maksimal besar,” ujarnya, Selasa (2/2).

Tumidi mengatakan, Durian Monti dibuat dengan batang bawah durian lokal, sedangkan entresnya menggunakan durian Montong. Perlu pemeliharaan dan perawatan yakni pemupukan yang rutin agar buah maksimal membesar.

Dia mengatakan, cita rasa durian Monti tidak sama dengan durian lain. “Ini merupakan durian lokal. Rasa lebih manis, warna lebih kuning, legit dan tidak lembek dibanding durian impor,” ujarnya.

Anda bisa menikmati durian Monti dengan harga Rp 40 ribu perkilogramnya. Untuk menikmati durian Monti, pengunjung harus memesan terlebih dahulu. Sebabnya, durian ini tidak bisa langsung disantap saat jatuh dari pohonnya.

“Durian Monti harus inden dulu. Ketika jatuh matang, harus menunggu empat hingga lima hari berikutnya untuk dikonsumsi biar rasa durian Monti lebih mantap,” tutur Tumidi. (ade)

You might also like

Comments are closed.