Nikmatnya Seblak Kaki Lima, Kenyal dan Gurih

METROSEMARANG.COM – Sekelompok siswa SMP mengerubungi sebuah gerobak jajanan di pinggir Jalan Prof. Dr. Hamka, Ngaliyan, Kamis (4/5). Usut punya usut ternyata mereka tengah mengantre untuk membeli seblak.

Belakangan ini jajanan khas Bandung tersebut menjadi tenar di Semarang lantaran digandrungi oleh berbagai kalangan. Mulai dari remaja, mahasiswa, hingga orang dewasa.

Salah seoran pelajar menikmati jajanan seblak di Ngaliyan. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Salah seoran pelajar menikmati jajanan seblak di Ngaliyan. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Sebenarnya jika dilihat sekilas tak ada yang istimewa dari komposisi seblak. Jajanan ini hanya terdiri dari kerupuk dan makaroni rebus. Ditambah dengan irisan daun kubis segar. Namun, rasa kenyal dari kerupuk dan makaroni rebus itulah yang menjadi daya pikat seblak. Kekenyalan yang memanjakan lidah ini dijamin akan membuat ketagihan.

Proses pengolahannya pun sangat mudah. Bawang putih yang sudah dihaluskan ditumis sampai harum. Setelah itu tambahkan telur serta air secukupnya. Tunggu hingga mendidih baru kemudian masukkan kerupuk dan makaroni serta irisan daun kubis. Tambahkan garam secukupnya. Untuk lebih menambah cita rasa seblak ini bisa ditambah ceker, sosis, atau pun bakso.

Adalah Abeng Iskandar, peracik seblak yang mengaku daganganya ini memang laris manis. Meskipun tak memiliki nama unik untuk promosi, Abeng mengaku seblaknya selalu habis dibeli pelanggan.

Putri, salah seorang siswi SMP mengungkapkan alasannya menyukai seblak lantaran rasanya yang enak dengan harga terjangkau. “Enak, murah lagi,” ungkap gadis berjilbab ini.

Harga yang ditawarkan Abeng bervariasi dari Rp 6.000 sampai Rp 10.000 saja. Pembeli bisa memilih tambahan bahan seperi sosis, bakso, ceker, atau kombinasi.

Jika penasaran dengan rasa kenyal gurih seblak, Anda bisa datang ke Jalan Prof. Dr. Hamka atau di depan kompleks SMP Negeri 16 Semarang, mulai pukul 11.00 sampai 17.00 WIB. (yulikha elvitri)

You might also like

Comments are closed.