Nura Uma: Jadi Rujukan Program Berbasis Microsoft Office 365

Nura Uma Annisa Foto Metrosemarang/Achmad Nurseha
Nura Uma Annisa
Foto Metrosemarang/Achmad Nurseha

MENJUARAI IT Makeover Asia Pacific tahun 2013 lalu memberi tanggung jawab baru bagi Nura Uma Annisa. Guru taman kanak-kanak (TK) Al Azhar 22 Semarang ini kini punya kewajiban menularkan ilmunya kepada guru-guru di Indonesia, khususnya tentang program berbasis Microsoft Office 365.

“Di Indonesia office 365 mulai dikenal pada tahun 2013, dan sampai di Semarang baru awal 2015. Karena sekolah kami sudah menggunakan office tersebut lebih duluan, maka ditunjuk langsung oleh Microsoft sebagai ‘Sekolah Rujukan’. Tak hanya tingkat nasional namun internasional,” katanya kepada metrosemarang.com, Selasa (13/1).

Sejak tahun 2014 lulusan S1 jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Semarang (Unnes) itu sibuk menjadi trainer program berbasis Microsoft Office 365 guru-guru Indonesia dan mahasiswa Singapura. Menurutnya, rata-rata guru masih takut mencoba dan tidak konsen dengan apa yang dipelajari.

Kendati demikian, pengajar kelahiran Demak 29 tahun lalu itu mengaku akan terus mangajak para guru untuk menyukai dan mempelajari Teknologi Informasi dan Komputer (TIK). “Kurikulum 2013 menuntut guru aktif di bidang IT. Murid-murid pun saya kira akan lebih antusias jika materi diterangkan menggunakan video atau gambar hasil browsing,” tuturnya.

Saat ini, program berbasis Microsoft Office 365 bisa dengan mudah dilihat di Youtube dengan mengetik kata kunci ‘Nura Uma’. Tak hanya itu, program tersebut juga bisa didownload dan disebarluaskan secara gratis.

“Kalau sudah ikut lomba sampai internasional kan sudah gak boleh ikut lomba lagi. Jadi cara saya mengajak guru-guru biar bisa seperti saya tak hanya dengan sharing, namun juga bisa melihat atau mengambil video saya di youtube,” terangnya.

Nura memang bukan guru sembarangan. Berbagai kompetisi di tingkat regional maupun internasional pernah ia menangi. Di antaranya juara I se Jawa Tengah, juara I se-Indonesia, dan juara II se-Asia Pacific dalam Lomba Multimedia Pembelajaran Interaktif Guru Tingkat TK/SD. Bersama Estu Pitarto, yang juga seorang guru, Nura masuk sebagai finalis ajang Microsoft Partners in Learning Global Forum 2012 yang berlangsung di Praha, Republik Ceko.

Tak hanya itu, istri Dwi Agung Darmawan itu juga pernah meraih Juara Harapan II Lomba Story Telling Tingkat TK Islam Al-Azhar se-Indonesia, dan Juara III Lomba Multimedia Pembelajaran Interaktif Tingkat Guru TK Islam Al-Azhar se-Indonesia.

Di sekolahnya sendiri, ibu satu putri itu mengaku para guru sudah aktif menggunakan media informatika dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain bidang IT, TK AL Azhar 22 juga memiliki program unggulan yaitu pendidikan karakter.

“Semua ruangan sudah ada LCD dan internet, ditambah tablet dan laptop hadiah lomba yang digunakan guru-guru dalam proses KBM.  Alhamdulillah berkat media itu anak-anak semakin aktif belajar dan pada sopan-sopan sama orang tuanya,” tambahnya. (ans)

 

 

 

You might also like

Comments are closed.