Obligasi Pegadaian Raih Peringkat Triple A

METROSEMARANG.COM – Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menaikkan peringkat Obligasi Pegadaian dari ‘idAA+’ (double A plus) menjadi ‘idAAA’ (triple A). Peringkat tersebut berlaku sejak tanggal 5 April 2017 sampai dengan 1 April 2018.

Ilustrasi

Menurut Manager of Corporate Communication PT Pegadaian (Persero), Basuki Tri Andayani, pemeringkatan tersebut diberikan berdasarkan data dan informasi dari perusahaan serta Laporan Keuangan Audit tahun 2016. Pemeringkatan ini tertuang dalam surat Direktur Pefindo nomor : RC-302/PEF-DIR/IV/2017 tanggal 5 April 2017.

Obligor dengan peringkat ‘idAAA’ merupakan peringkat tertinggi yang diberikan Pefindo. Pefindo menilai, Pegadaian mempunyai kemampuan lebih baik (superior) untuk memenuhi keuangan jangka panjang dibandingkan dengan obligor Indonesia lainnya.

“Peringkat tersebut menunjukkan status Perusahaan sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penting, posisi bisnis yang kuat di sektor jasa gadai, permodalan yang kuat, serta posisi likuiditas dan finansial yang sangat kuat. Namun peringkat tersebut dibatasi oleh eksposur terhadap volatilitas harga emas. Karena itu kemampuan melakukan mitigasi risiko kerugian akibat fuktuasi harga emas menjadi satu hal yang amat penting,” kata dia.

Prospek untuk peringkat korporasi tersebut adalah ‘stabil’. Kenaikan peringkat ini mencerminkan hasil yang terbukti dari perbaikan metode underwriting dalam memitigasi potensi kerugian dari volatilitas harga emas, sebagaimana tercermin pada Non Performing Loan (NPL) yang terjaga dan rekam jejak Perusahaan yang memiliki kerugian yang sangat rendah dari hasil eksekusi barang jaminan. (ade)

You might also like

Comments are closed.